Skip to main content

Rekomendasi Web Aplikasi Monitoring Jaringan

Rekomendasi Web Aplikasi Monitoring Jaringan

OmahJaringan.com - Memiliki infrastruktur jaringan yang sangat penting, tentunya perlu di monitoring secara realtime. Terlebih jika kamu menggunakan jaringan komputer dalam skala besar yang diperuntukan untuk perusahaan.

Komunikasi dari perangkat satu dengan yang lainya, menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Karena kelancaran komunikasi antar cabang kantor menjadi nyawa dari setiap perusahaan.

Jaringan yang baik, tentunya akan menunjang pelayanan dan produktifitas perusahaan semakin baik. Maka dari itu kamu membutuhkan tools untuk memonitoring seluruh jaringan yang kamu miliki. Jika terjadi suatu masalah, kamu langsung dapat melakukan perbaikan pada saat itu juga.

Kami akan memberikan ulasan, web aplikasi monitoring jaringan yang paling direkomendasika dalam mengelola infrastruktur jaringan komputer.

Cacti


Cacti merupakan salah satu dari sekian banyak softaware web aplikasi yang digunakan sebagai alat monitoring jaringan komputer. 

Dengan menggunakan web aplikasi monitoring Cacti, memungkinkan pengguna dapat membaca data dari grafik maupaun informasi data yang dikumpulkan pada Cacti. 

Agar dapat berjalan dengan baik, Cacti memerlukan beberapa tools atau software tambahan berupa PHP, MySQL, RRDTool, web server yang support IIS atau Apache, dan net-snmp. 

Cacti juga bisa dibilang web aplikasi monitoring yang paling komplit, karena dapat menyimpan informasi transfer data dalam bentuk graphic serta memanfaatkan penyimpanan data RRDTool. 

Umumnya, data yang didapatkan dari Cacti yaitu dapat memunculkan informasi graph dari masing-masing jaringan yang tampil sesuai dengan penggunaan bandwidth. Panduan Cara Install Cacti

Libre NMS


Infrastruktur jaringan komputer yang kompleks serta handal tentunya perlu dukungan serta perhatian khusus dalam mengatasi setiap masalah yang ada. 

Dengan menggunakan Libre NMS, ini memungkinkan pengguna dapat mengatasi masalah tersebut dan memonitoring setiap beban jaringan dan perubahan trafik didalam jaringan komunikasi antar perangkat.

Dalam monitoring jaringan dengan LibreNMS, kamu dapat meminimalisir kesalahan sistem dan melakukan perbaikan segera dengan menggunakan protokol CDP, FDP, LLDP, OSPF, BGP, SNMP dan ARP.

Tak hanya itu saja, agar kamu bisa mendapatkan informasi secara realtime. Terdapat fasilitas dari sistem LibreNMS yang dapat disesuaikan agar dapat menerima peringatan melalui email, IRC, kendur dan banyak lagi. Panduan Cara Install Libre NMS
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar