--> Skip to main content

Apa Alasan Linux Diklaim Sebagai OS Terbaik Untuk Komputer?

Apa Alasan Linux Diklaim Sebagai OS Terbaik Untuk Komputer

Kira-kira apa alasan linux diklaim sebagai OS terbaik untuk komputer? OmahJaringan akan memberikan ulasan alasan Linux menjadi pilihan OS terbaik untuk komputer.  Sistem operasi yang pro rakyat banget ada dua buah yaitu Windows dan yang satunya Linux. Meskipun lebih banyak orang yang menggunakan Windows dibandingkan Linux sebagai sistem operasi komputer mereka.

Bagi kamu yang sudah menggunakan Linux sebagai sistem operasi komputer, tentunya menyadari akan keamanan dan dinobatkan sebagai sistem operasi komputer paling baik untuk komputer. Berikut ini beberapa alasan paling masuk akal kenapa Linux menjadi pilihan terbaik sebagai sistem operasi komputer.

Pastinya GRATIS


Ya, kamu bisa mendapankan OS ini secara gratis. Berbeda dengan sistem operasi Windows, yang mengharuskan penggunanya membeli lisensi untuk dapat menggunakanya. Lisensi Windows yang terbilang cukup mahal ini, banyak yang terpaksa melakukan tindakan ilegal, yaitu cracking Windows sehingga mereka dapat menggunakan Windows tanpa harus membeli linsensi resmi. 

Berbeda dengan Linux yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Resiko pembajakan Linux terbilang sangat minim sekali, sehingga kamu sudah pasti bisa mendapatkan sistem operasi original Linux. Tidak hanya jenis sistem operasi gratis lisensi saja, tapi aplikasi yang terdapat pada linux juga gratis, kamu bisa mendownload dan install software di Linux tanpa harus membayar lisensi aplikasi. Hal tersebut tentunya tidak bisa kamu dapatkan di sistem operasi Windows maupun MacOS.

Aman dari Virus Perusak


Windows OS terbilang cukup rentan terhadap virus seperti trojan, malware, dan berbagai macam ancaman perusak sistem hardware maupun software. Hal ini tentunya mengharusnya pengguna Windows untuk menginstal antivirus dan mengupdatenya untuk terhindar dari serangan virus perusak tersebut. 

Sedangkan linux tidak memerlukan software untuk dapat menangani hal tersebut, karena sistem operasi dijalankan penuh oleh mesin yang rawan diserang oleh perusak. Jika terdapat pemberitahuan update sistem tidak bisa dijalankan secara otomatis, melainkan diharuskan melalui persetujuan pengguna sistem operasi tersebut.  

Proses Lebih Ringan

Buat kamu yang memiliki spesifikasi komputer yang terbilang pas-pasan untuk menggunakan Windows yang terbilang cukup berat prosesnya, sistem operasi Linux bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa kamu gunakan.

Banyak sekali distro Linux yang menggunakan resource hardware begitu minim yaitu hanya dengan CPU 1 GHz dan RAM 1 GB saja sudah bisa menjalankan sistem operasi Linux tanpa harus ngelag dengan full feauture.

Linux dikenal sebagai sistem operasi dengan konsumsi pemrosesan hardaware tidak terlalu banyak, hanya perlu kurang lebih RAM 256 MB serta CPU yang sudah terbilang usang masih dapat digunakan dengan baik. Bagi kamu yang memiliki komputer atau laptop yang usang namun masih layak pakai, sebaiknya cobalah untuk install Linux sebagai sistem operasinya.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Pribadi


Linux sangat fleksibel, bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dengan menggunakan linux yang dilengkapi dengan berbagai macam paket software dalam manajer paket, memiliki akses untuk install maupun uninstall software sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kamu juga dapat melakukan custom tema distro linux untuk melakukan proses lebih ringan dan cepat dibandingkan Windows yang memiliki tampilan dan fitur yang terkesan monoton. 

Dukungan Penuh oleh Komunitas Linux


Linux OS memiliki solidaritas yang tinggi dalam pengembanganya. Alasan ini lah kenapa linux diklaim sebagai OS terbaik untuk komputer, yaitu karena mendapatkan dukungan penuh dari komunitas Linux

Dengan kata lain, kamu tidak sendirian dalam menggunakan Linux ada jutaan orang diluar sana yang menggunakan Linux dan berbagi tips dan trik penggunaanya. Kamu dapat berdiskusi di forum-forum Linux untuk saling berbagi pengalaman menarik. 

Bahkan jika kamu sedang mengalami masalah pada komputermu, anggota Linux lainya bisa berusaha mmemberikan bantuan akan masalah tersebut melalui dukungan komunitas. 

Cukup banyak bukan, kelebihan sistem operasi Linux yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainya? Bahkan kamu dapat memilih sendiri distro Linux yang kamu sukai, yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Beberapa alasan diatas merupakan beberapa alasan mengapa linx diklaim sebagai OS terbaik untuk komputer, yang jelas kamu dapat mempertimbangkanya terlebih dahulu sebelum beralih ke sistem operasi Linux, paling tidak kamu harus mempelajari dasar-dasar perintah pada Linux.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar