Skip to main content

Fungsi Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Fungsi Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Sebenarnya apa fungsi hub dan switch dalam jaringan komputer? Dalam bidang IT tentunya banyak hal yang perlu diketahui, bahkan perangkat pendukung dalam sebuah jaringan komputer wajib diketahui oleh setiap orang yang bekerja dalam bidang IT.

Adapun orang awam yang merasa bahwa hal-hal yang memiliki keterkaitan dalam sistem informatika menjadi sesuatu yang dianggap sangat rumit.

Namun, meskipun begitu kamu harus bisa memahami satu per satu perangkat pendukung dalam sebuah jaringan. Hal ini agar kamu tidak bisa dimanipulasi oleh orang lain yang memahami perangkat jaringan dan fungsi dari alat-alat tersebut.

Maka dari itu OmahJaringan akan sedikit mengulas terkait fungsi hub dan switch dalam jaringan komputer. Diantaranya yang akan diulas terkait pengertian dan fungsi switch, hub dan repeater sebagai alat infrastruktur jaringan.

Pengertian Switch dan Fungsinya dalam Jaringan


Switch yaitu bagian dari infrastruktur jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai penghubung dari perangkat jaringan yang satu dengan yang lainya. Switch bekerja didalam bagian OSI layer 2, data link layer. 

Dalam hal ini swich memiliki kemampuan untuk mengenali setiap alamat perangkat berupa MAC Addressing untuk mengeksekusi data mana saja yang seharusnya dihubungkan dan diproses pengirimannya.

Selain itu switch juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai media penguat sinyal atau repeater. Switch juga dapat digunakan sebagai media penghubung kabel LAN antar perangkat jaringan.

Dalam switch terdapat sebuah perangkat lunak yang berisi script routing yang memiliki fungsi sebagai batu loncatan didalam sebuah jaringan komputer untuk menghubungkan antar perangkat sesuai dengan alamat masing-masing. Jika kamu mempelajari dasar-dasar fungsi switch, kamu dapat memanfaatkan perangkat ini untuk kebutuhan pendukung jaringan agar performa lebih optimal.

Pengertian Hub dan Fungsi 


HUB merupakan salah satu bagian perangkat jaringan komputer yang bekerja pada area OSI Layer 1 didalam physical layer. Dari segi fungsi sendiri, HUB tidak hanya difungsikan sebagai penyambung konektor sama tapi juga dapat digunakan untuk memperkuat sinyal penghubung kabel agar mudah di salurkan. 

Tentunya perangkat HUB ini berbeda dengan switch, karena ia tidak memiliki kemampuan dalam mengenali MAC Addressing, melainkan sebagai perangkat yang hanya mampu sebagai penghubung saja. 

Beberapa fungsi HUB diantaranya yaitu sebagai media tambahan jaringan komputer pada workstation. Bisa digunakan sebagai alat penambah jarak jaringan komputer atau bida dikatakan sebagai repeater tambahan. Selain itu perangkat ini juga sangat fleksible untuk memfasilitasi penggunaan interface yang berbeda terdiri dari ethernet dan FDDI.

Pengertian Repeater dan Fungsi Dalam Jaringan Komputer


Repeater merupakan sejenis alat pada network yang memiliki kemampuan dalam memperluas jangkauan sinyal internet WiFi. 

Tidak hanya itu saja, repeater memiliki fungsi khusus sebagai perantara sinyal WiFi yang belum bisa terkoneksi dengan server. Penggunaan perangkat repeater ini harus memiliki dua alat agar dapat terhubung, yang satunya sebagai penerima sinyal dari server maupun client, dan bagian yang satunya sebagai penyebar sinyal WiFI sehingga dapat memaksimalkan koneksi. 

Dalam penggunaan lain, repeater juga dapat mengcover area server yang tidak terjangkau sinyal atau sinyal kurang bagus dapat dimaksimalkan dengan perangkat tersebut. 

Repeater memiliki kemampuan dalam memperluas jangkauan sinyal pada suatu ruangan tertutup maupun terbuka. Dengan adanya repeater ini dalam jaringan komputer, sinyal WiFi dapat dimanfaatkan oleh banyak orang dan tetap stabil lalu lintas datanya. 

Kesimpulan dari HUB, Switch, dan Repeater


Meskipun ketiga perangkat ini memiliki fungsi yang saling melengkapi pada jaringan komputer. Ketiga perangkat jaringan tersebut tetap memiliki peran masing-masing didalam infrastruktur jaringan server maupun client. 

Pemanfaatan ketiga perangkat tersebut, memungkinkan kamu dapat merasakan manfaat kinerja jaringan dalam transfer data yang stabil.

Demikianlah ulasan OmahJaringan yang bisa dibagikan kepada kamu yang sedang mencari informasi pengertian hub dan switch dalam jaringan komputer disertai dengan fungsi dari pengguaanya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar