Skip to main content

Perbedaan Jaringan Internet dan Intranet, Beserta Pengertianya Secara Umum

Perbedaan Jaringan Internet dan Intranet, Beserta Pengertianya Secara Umum

Kebutuhan teknologi setiap pengguna, menyesuikan kebutuhan dan selalu dikembangkan dari waktu ke waktu. Namun beberapa orang masih belum memahami, bahkan belum memanfaatkan secara maksimal penggunaan internet.

Dan masih ada lagi teknologi jaringan selain internet yaitu jaringan intranet. Memang keduanya memiliki perbedaan arti dan fungsi. Namun keduanya memiliki satu kesamaan yaitu digunakan sebagai media penghubung antar perangkat komputer. Dari sinilah OmahJaringan akan memberikan pengertian serta perbedaan kedua jaringan intranet dan internet.

Pengertian Internet dan Intranet

Intranet memiliki perbedaan pengertian maupun fungsi pengguaan dalam jaringan komputer. Berikut ini penjelasan kedua jaringan tersebut:

Pengertian Jaringan Internet

Intranet merupakan sebuah teknologi jaringan yang dikembangkan untuk menghubungkan semua perangkat secara global. Umumnya dikenal dengan sistem jaringan global transmision control potocol atau yang lebih dikenal dengan protocol suite (TCP/IP). 

Protokol tersebut memiliki fungsi yang memungkinkan pertukaran data antar pengguna jaringan untuk berinteraksi, berkomunikasi bahkan bertukar informasi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. 

Pengertian Jaringan Intranet 

Selain teknologi jaringan yang dikembangkan berupa internet, terdapat pengembangan jaringan pribadi yaitu itranet. Jaringan pribadi ini menggunakan infrastruktur jaringan internet untuk dapat berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi informasi menggunakan jaringan lokal yang bersifat pribadi.

Penggunaan jaringan intranet biasanya diterapkan pada jaringan perusahaan, kantor, instansi pemerintah, sekolah dan lain sebagainya.

Intranet juga merupakan gabungan dari salah satu jaringan LAN yang dihubungkan ke sejumlah jaringan cabang. Tentunya juga bisa tetap digunakan pada jaringan wilayah kecil. Untuk dinegara Indonesia, cara ini terbilang efektif untuk menghubungkan tiap wilayah lokasi cabang di Indonesia yang letak geografisnya sebuah kepulauan. Kamu dapat membaca informasi topologi jaringan komputer berdasarkan kebutuhan di jenis topologi jaringan komputer

Perbedaan Jaringan Internet dan Intranet


Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghubungkan antar komputer menggunakan sebuah jaringan. Kedua jenis jaringan internet dan intranet tetap memiliki perbedaan, berikut diantarannya:

Jaringan Internet
  • Gabungan jaringan yang berskala global atau luas
  • Memiliki jaringan yang kuat diseluruh dunia
  • Selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, sehingga perkembanganya sangat pesat
  • Bisa diakses oleh pengguna kapan saja, selama ada media penghubung.
Jaringan Intranet
  • Jaringan berskala kecil berdasarkan wilayah
  • Perkembanganya cukup lambat, karena masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya jaringan bersifat pribadi ini. 
  • Umumnya digunakan sebagai media informasi instansi pemerintah, perusahaan, universitas, rumah sakit, dan badan usaha lainya. 
Demikianlah ulasan perbedaan jaringan internet dan intranet. Semoga dapat menambah wawasan terkiat pemilihan jaringan yang tepat untuk diterapkan sesuai kebutuhan dan keamanan jaringan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar