Skip to main content

5 Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jangkauan Geografis

5 Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jangkauan Geografis


Teknologi yang awalnya hanya diperuntukan untuk skala kecil, kini telah berevolusi menjadi sebuah jaringan yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan untuk menghemat biaya tanpa harus mengurangi kualitas jaringan itu sendiri.

Sebelumnya kita telah menggunakan jenis-jenis topologi pada jaringan komputer. Pembahasan jaringan komputer kali ini, kita akan membahas jaringan berdasarkan fungsi dan jarak jangkauannya.

Dulu ketika masih sekolah SMK, kita dikenalkan beberapa jenis jaringan komputer seperti halnya jaringan LAN, MAN, dan juga jaringan WAN. Semakin dikembangkan berdasarkan kebutuhan, serta terciptanya jenis jaringan komputer yang baru dengan jangkauan yang lebiha luas.

Jenis-Jenis Jaringan Pada Komputer:


Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer beserta contoh pemanfaatanya dalam pembangunan sistem berdasarkan kebutuhan.

#1 Local Area Network "LAN"

Jaringan LAN merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang paling sering diimplementasikan dalam struktru jaringan komputer dalam skala kecil.

Menghubungkan komputer pribadi dengan workstation pada suatu sistem jaringan di dalam ruangan kantor. Jaringan ini dimanfaatkan untuk komunikasi antar user menggunakan jaringan lokal maupun menggunakan sumber daya lainya penggunaan printer, mesin absen dan lain sebagainya. 

Setiap perangkat yang terhubung dengan sistem jaringan lokal, memungkinkan dapat saling bertukar informasi di dalam satu area tersebut. 

#2 Metropolitan Network "MAN"

Struktur pembangunanya hampir sama dengan jaringan LAN, namun untuk jaringan MAN merupakan versi pengembangan dari jaringan LAN yang memiliki jangkauan yang lebih besar. 

Biasanya untuk infrastruktur jaringan MAN menggunakan teknologi jaringan yang sama dengan LAN. Jaringan MAB dimanfaatkan untuk menghubungkan sistem antar lokasi, misalnya untuk menghubungkan jaringan kantor yang letak gedungnya bersebelahan maupun kota serta dapag difungsikan untuk keperluan umum atau pribadi. 

#3 Wide Area Network "WAN"

Semakin berkembangkan kebutuhan komunikasi dan berbagi informasi, jaringan komputer dikembangkan lagi untuk jangkauan yang lebih luas. Ya benar, jenis jaringan komputer WAN memungkinkan digunakan untuk mencakup wilayan geografis yang lebih luas. 

Pemanfaatan jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar benua. Infrakstruktur jaringan WAN terdiri dari beberapa mesin yang digunakan untuk menunjang berbagai macam jenis program aplikasi pengguna, dan bisa dikatakan bahwa jaringan WAN merupakan bagian dari jaringan internet yang kita gunakan saat ini. 

#4 WLAN "Wireless Local Area Network"

Munculnya jaringan tanpa kabel ini merupakan salah satu pilihan bagi suatu jaringan yang tidak memungkinkan menggunakan kabel, atau untuk menghemat biaya operasional pembangunan jaringan. 

Jaringan wireless atau tanpa kabel ini sudah umum digunakan sebagai penghubung antar perangkat. Dulu perusahaan telekomunikasi menghubungkan antar kantor cabang menggunakan jaringan VSAT sebagai media penghubung utama. 

Namun setelah kabel bawah laut yang menggunakan kabel FO, kini VSAT hanya digunakan sebagai backup. Sehingga jika kabel bawah laut terputus, maka jaringan secara otomatis dialihkan ke VSAT. 

Adapun yang lebih sederhana, dan tenologi ini sering kita bawa kemana-mana. Apa itu? Smartphone, yang menggunakan teknologi wireless, memungkinkan dapat menghubungkan kamu ke seseorang yang jauh disana. 

#5 PAN "Personal Area Network"

Merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat sederhana dan simpel. Karena jaringan ini dapat kamu bangun hanya dengan menggunakan beberapa komputer yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Pada jaringan PAN ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada saat ingin transfer data dari HP ke komputer atau sebaliknya, menghubungkan pengeras suara maupun perangkat sejenis lainya. 

Kurang lebih demikian penjelasan terkait jenis-jenis jaringan komputer beserta contohnya, semoga dapat menambah wawasan kamu dalam memahami jenis jaringan komputer. 

Dan, tidak menutup kemungkinan jaringan tersebut masih akan dikembangkan berdasarkan kebutuhan, misalnya dengan menghubungkan jaringan antar planet atau antar galaxy, mungkin suatu saat akan ada teknologi jaringan komputer semacam itu. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar