--> Skip to main content

Metode Zimbra Backup Email Menggunakan CURL

Metode Zimbra Backup Email Menggunakan CURL

Terdapat beberapa metode zimbra backup email, untuk keperluang backup data maibox user secara penuh. Pada ulasan kali ini, kita akan menggunakan metode yang paling mudah untuk backup data email zimbra.

Perintah ini merupakan bawaan dari zimbra email, yaitu zmmailbox. Dengan fitur tersebut memungkinkan kamu dapat membackup email zimbra dengan periode waktu harian, mingguan atau tahun. Tapi lebih direkomendasikan untuk backup harian, jika sering digunakan sebagai media komunikasi utama terkait informasi dan pengiriman data.

Hasil backup tersebut akan tersimpan pada server, sehingga kamu perlu melakukan penyesuaian tersebut pada server zimbra mail.

Jika hasil backup data email tersebut disimpan pada server lainya, maka perlu adanya penyesuaian kembali pada server backup untuk dibuatkan services NFS server dan mounting NFS share tersebut pada server zimbra mail.

Tentunya penyesuaian tersebut dapat berfungsi dengan baik, bila server zimbra mail dan server untuk backup berada dilokasi yang dekat. Namun jika tidak memungkinkan, penggunaan jaringan komputer yang cukup besar juga tidak masalah. Hanya saja, memungkinkan terjadinya delay backup mail.

Metode backup zimbra mail selain menggunakan fitur mounting NFS yaitu dapat mendowload data dari data mailbox secara manual dari server backup menggunakan CURL, dan berikut ini cara pengambilan data backup zimbra mail:

curl -v --insecure -u staff@omahjaringan.com:password-user 
"https://mail.omahjaringan.com:7071/service/home/staff@omahjaringan.com?fmt=tgz" > /srv/backup-mailbox/staff.tgz

Skrip perintah tersebut akan memproses data backup dari data mailbox user staff@omahjaringan.com dan data dari hasil backup mail akan disimpan secara otomatis pada folder /srv/backup-mailbox dengan nama staff@omahjaringan.com.tgz.

Selain itu kamu dapat menggunakan user akun administrator untuk melakukan backup data mailbox dari user staff@omahjaringan.com, dengan perintah berikut:
curl -v --insecure -u administrator@omahjaringan.com:password-administrator 
"https://mail.omahjaringan.com:7071/service/home/duki@omahjaringan.com?fmt=tgz" > /srv/backup-mailbox/staff.tgz
Fungsi dari akses user akun administrator ini, kamu tidak perlu mengetahui akses informasi password user email masing-masing untuk melakukan download dari data mailbox. Tentunya hal tersebut akan sangat mempermudah kamu dalam backup zimbra mail.

Masalahnya, jika kamu diminta untuk membackup banyak data user. Tentunya perlu mempersiapkan skrip untuk mempermudah kamu membackup keseluruhan data email. Salah satunya dengan mempersiapkan user email mana saja yang ingin dibackup. Kemudian persiapkan juga folder tempat hasil backup misalnya pada bagian folder /srv/

vi /srv/acc.txt

Masukkan data user yang ingin dibackup serta disimpan:

user1@omahjaringan.com 
user2@omahjaringan.com 
user3@omahjaringan.com

Lanjut pembuatan skrip untuk melakukan proses looping, sekaligus mendownload data dari server mail zimbra.

vi /srv/download-mbox.sh

Setelah itu kamu lanjut masukkan skrip dibawah ini, jangan sampai ada yang terlewat:

LOKASIBACKUP="/srv/backup-mailbox";

DAFTARUSERS=`cat /srv/acc.txt`;

if [ ! -d $LOKASIBACKUP ]; then

mkdir -p $LOKASIBACKUP

fi

for ACCOUNT in $DAFTARUSERS; do

# Script Download Data

curl -v --insecure -u administrator@omahjaringan.com:password-administrator "https://mail.omahjaringan.com:7071/service/home/$ACCOUNT?fmt=tgz" > $LOKASIBACKUP/$ACCOUNT.tgz 
done

Kemudian simpan penyesuaian dari skrip tersebut, jangan lupa jika kamu telah melakukan perubahan pada port mail zimbra juga perlu kamu rubah. Lanjutkan dengan perintah berikut untuk menyimpan hak askes perintah backup

chmod +x /srv/download-mbox.sh

Lakukan uji coba backup data dengan menggunakan perintah ini:

/srv/download-mbox.sh

Perintah skrip diatas akan memproses perintah looping user pada bagian file acc.txt. Selanjutnya akan diproses kembali dengan download data email pada mailbox dari CURL yang memiliki hak akses  sebagai administrator.

Hasil akhir, data dari backup zimbra mail akan disimpan pada bagian folder dengan nama /srv/backup-mailbox/namauser.tgz.

Bila terjadi kesalahan pemanggilan nama pada server, maka ganti alamat server zimbra mail yang awalnya menggunakan domain mail.omahjaringan.com dengan ip address server mail.

Ketika kamu ingin melakukan restore data pada zimbra mail, kamu dapat memproses salinan dari file backup tersebut ke jaringan server zimbra menggunakan Rsync atau juga bisa menggunakan mounting folder dengan NFS. Baca juga : Panduan Cara Restore Zimbra Mailbox

Demikian pembahasan metode zimbra backup email dengan menggunakan dengan metode CURL, semoga pembahasan tersebut dapat menambah wawasan kamu dalam membackup data zimbra mailbox.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar