--> Skip to main content

Sistem Informasi Berbasis Web, Pengertian dan Contoh Penggunaan

Definisi dan Contoh Sistem Informasi Berbasis Web

Bisa dibilang, hadirnya penemuan sistem informasi dari masa ke masa memberikan perubahan besar terhadap kehidupan didunia ini. Namun, apakah kamu sudah mengetahui seutuhnya konsep dari perngertian serta penggunaan sistem informasi di berbagai bidang?

Pada dasarnya sistem informasi sendiri sudah diajarkan pada setiap orang yang menempuh pendidikan. Namun faktanya, masih cukup banyak orang yang belum memahami pengertian dan konsep sistem informasi. Hal ini tentunya masih terbilang wajar, karena setiap orang memiliki ketertarikan masing-masing terhadap suatu hal.

Pengertian Sisten Informasi Secara Umum


Sistem informasi merupakan sebuah teknologi komputer yang terintegrasi dengan jaringan, menyediakan beragam informasi untuk memanajemen serta mengambil setiap keputusan dalam pencarian solusi dari suatu masalah.

Dalam kata lain sistem informasi menggunakan media teknologi web atau jaringan internet untuk menyimpan serta memberikan informasi serta layanan kepada para pengguna yang mengakses sistem informasi web atau aplikasi tersebut.

Intinya, sistem informasi berbasis web merupakan sebuah komponen yang saling terhubung satu sama lain. Memiliki fungsi dan kemampuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan serta menyampaikan informasi dalam bentuk suara, gambar, teks, dan informasi yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext.

Selain itu sistem informasi berbasis web juga dapat diakses oleh perangkat lunak lainya untuk mendukung setiap kegiatan atau organisasi dalam mencapai tujuan penggunaan dari sistem tersebut.

Tujuan Sistem Informasi Berbasis Web


Tujuan dari sistem informasi yaitu untuk menghasilkan sebuah media atau wadah perantara informasi. Sistem informasi ini bagian dari kumpulan data yang telah disusun agar lebih mudah digunakan oleh para pengguanya.

Kumpulan data ini saja masih tidak cukup apabila dikatakan sebagai bentuk dari suatu informasi. Adapun beberapa syarat yang menjadikan informasi tersebut berguna, yaitu harus memenuhi tiga hal dari segi manfaat dari  informasi sebagai berikut:

  • Relevance : Tepat kepada orangnya.
  • Timeliness : Tepat waktu
  • Accurate : Akurat atau tepat nilainya

Bila dari tiga hal penting tersebut tidak dipenuhi oleh suatu sistem, maka data yang ada pada sistem informasi tersebut tidak memiliki manfaat penting.

Fungsi Sistem Informasi Berbasis Web


Berikut beberapa fungsi dari sistem informasi berbasis web:

  • Meningkatkan aksesiblitas kumpulan data secara efektif serta efisiensi terhadap para pengguna didalam sistem.
  • Mnejamin ketersiadaan data berdasarkan manfaat dan kualitas dari informasi secara detail, dan dapat di implementasikan. 
  • Meningkatkan produktivitas operasional bagi pengguna aplikasi, baik itu dalam hal pemeliharaan sistem dan pengembangnya. 
  • Menjadi bagian dari investasi jangka panjang, dalam operasional sistem informasi. 

Komponen Sistem Informasi


Sistem informasi memiliki beberapa komponen seperti dibawah ini:


  • Komponen input : Data yang dimasukkan ke dalam sistem
  • Komponen model : Kombinasi logika, prosedur dan model matematika digunakan sebagai cara untuk memproses data yang disimpan pada basis data untuk menghasilkan output yang diinginkan berdasarkan kebutuhan.
  • Komponen output : Hasil pengolahan informasi serta tersusun dalam bentuk dokumentasi yang memiliki manfaat bagi user pengguna dan semua tingkatan manajemen didalam sistem.
  • Komponen teknologi : Bagian dari perangkat yang digunakan dalam pembangunan sistem informasi, teknologi ini digunakan sebagai pemrosesan model, menerima input data, mengakses data, menyimpan data, menghasilkan output dari proses tersebut, dan memonitoring pengendalian sistem.
  • Komponen basis data : Kumpulan data yang saling memiliki hubungan antara satu dengan yang lainya, serta tersimpan dalam sebuah teknologi komputer menggunakan software aplikasi database. 
  • Komponen kontrol : Komponen yang memonitoring serta mengontrol setiap gangguan maupun pengembangan pada sistem informasi.

Contoh Penggunaan Sistem Informasi



Berikut ini beberapa contoh sistem informasi yang telah diterapkan berdasarkan dari kebutuhan, dari sistem itu sendiri.


  1. Knowledge Work System
    Seperti sebutanya sendiri yaitu Knowledge Work System, jenis sistem informasi ini merupakan sistem yang berisi data terkait ilmu pengetahuan terbaru.

    Data inilah yang nantinya akan ditampilkan, sehingga dapat diakses oleh semua user penggunanya serta digunakan sebagai media dalam menyelesaikan permasalahan.
  2. Office Automation System
    Office Automation System adalah jenis sistem informasi yang memiliki manfaat dan tugas untuk mengintegrasikan beberapa perangkat teknologi informatika dalam suatu struktur jaringan komputer yang dipusatkan pada sebuah server tertentu.

    Integrasi peralatan IT dari anggota maupun pekerja inilah sebagai bentuk tujuan dalam mempermudah serta memberikan efisiensi sistem dalam hal komunikasi.
  3. Transaction Processing System
    Sistem informasi jenis ini umumnya digunakan dan dimanfaatkan oleh suatu organisasi instansi maupun perusahaan, atau organisasi tertentu untuk keperluan operasional secara rutin.

    Contoh dari penggunaan operasional ini yaitu sebagai media pemrosesan dan penyimpanan transaksi keuangan, pendaftaran, monitoring barang, registrasi ulang, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan sistem informasi berbasi web, semoga dapat menambah wawasan kamu dalam mempelajari ilmu sistem informasi berbasis web dan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar