--> Skip to main content

Membuat Web Aplikasi Monitoring Jaringan dengan PHP dan Codeigniter


Tugas laporan kerja praktek menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam memperoleh persetujuan proposal skripsi. Misalnya saja dengan membuat web aplikasi monitoring jaringan dengan PHP dan Codeigniter.

Dan ini salah satu bentuk laporan kerja praktek yang dikerjakan oleh STMIK Ikmi Cirebon, yang terdiri dari 3 orang yaitu, As'ad Humam, Agni Fauzan, Dudung Abdul Latif. Harapanya kamu dapat mengembangkan kembali membuat web aplikasi monitoring jaringan ini, dengan tambahan fitur menarik.

Bahan yang digunakan untuk membukan file web aplikasi jaringan sederhana ini yaitu dengan webserver, dan software aplikasi editor text. Terkait webserver, menggunakan XAMPP kemudian untuk bagian editing kamu dapat menggunakan Visual Studio Code.

Bisa kamu download di halaman website resmi https://code.visualstudio.com

Adapun langkah-langkah untuk membukan file aplikasi monitoring jaringan sederhana ini, seperti dibawah ini:

  1. Buka software aplikasi XAMPP yang telah kamu install.
  2. Nyalakan apache dan mysql.
  3. Download file web aplikasi monitoring jaringan sederhana melalui link google drive, sebagai berikut Download File
  4. Bila kamu sudah berhasil mendowload file aplikasi, selanjutnya ekstrak menggunakan winrar dan taruh di file direktori htdocs. 
  5. Langkah selanjutnya import file database yang ada di dalam file dengan ektensi .sql
  6. Lakukan perubahan nama database, bila kamu merubah nama databasenya di "dbconfig.php" direktori pada lib/db
  7. Setelah itu simpan. 
Apabila langkah-langkah tersebut sudah selesai, silahkan kamu coba untuk membuka halaman website kamu menggunakan web browser. Rekomendasi menggunakan Google Chrome, dengan alamat http://localhost/namafolder 

Login default

user : admin@gmail.com

pass : admin

Bila kamu berhasil login kurang lebih tampilan web aplikasi monitoring jaringan dengan PHP seperti pada gambar di bawah ini.

Kamu masih bisa mengembangkan web aplikasi jaringan ini, dengan menambahkan beberapa fitur, misalnya dengan tampilan grafis penggunaan bandwidth atau lain sebagainya.

Pada umumnya perangkat jaringan yang digunakan pada perusahaan maupun instansi memerlukan media monitoring yang realtime agar dapat operasional tetap berjalan dengan baik. Maka dari itu perlu adanya sebuah program web aplikasi monitoring jaringan yang sederhana dan ringan, agar dapat menampilkan laporan secara realtime.

Demikianlah pembahasan membuat Web Aplikasi Monitoring Jaringan dengan PHP dan Codeigniter, semoga dapat menambah wawasan dan referensi kamu dalam membuat laporan tugas kerja prakter, sebagai acuan proporal skripsi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar