Skip to main content

Review Aplikasi Antrian Berbasis Web Dengan PHP, MySQL dan Codeigniter

Review Aplikasi Antrian Berbasis Web Dengan PHP, MySQL dan Codeigniter

Ketika kamu ke suatu tempat misalnya bank, dan harus mengantri. Merasa terganggu tidak, bila antrian kamu tiba-tiba diserobot oleh seseorang yang baru datang ke bank? Terlebih, saat itu kamu sangat terburu-buru karena urusan penting. Umumnya jika seseorang diserobot antriannya, pengen marah besar saat itu juga, mungkin kamu juga akan demikian.

Tidak hanya di bank saja, tapi juga ditempat-tempat umum. Pemerataan teknologi di Indonesia, pengunaan aplikasi manajemen antrian berbasis web sudah digunakan sebagai media pemberian nomer antrian secara otomatis. Sehingga tidak ada yang boleh saling serobot ketika mengantri.

Tahukah kamu bahwa aplikasi manajemen antrian berbasis web ada yang dibuat dari bahasa pemrograman PHP, MySQL dan Framework Codeigniter? PHP merupakan bahasa pemrograman server sebagai media pemrosesan kode program yang di olah pada sisi server aplikasi antrian berbasis web. Kemudian pada saat menjalankan aplikasi perlu tambahan XAMPP yang mendukung bahasa program PHP serta MySQL agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu fungsi dari penggunaan XAMPP sendiri, agar tidak terjadi error pada library Mcrycpt. Aplikasi antrian berbasis web menggunakan librabry seperti datatabels, sweet alert, chartist dan lain sebagainya.

Aplikasi Antrian Berbasis Web Oleh Ezra Lazuardy

Eza Lazuardy membuat aplikasi manajemen antrian klinik kesehatan yang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, MySQL dan Codeigniter.  Aplikasi ini memiliki fitur fitur yang dapat mendukung sistem antrian yang terintegrasi dengan komputer, baik itu pada saat pendaftaran antrian serta informasi sisa antrin yang termonitor pada halaman web.

Adapun fitur lainya yaitu terkati informasi dokter yang sedang berada di klinik beserta jadwal layanan, pengelolaan akun, aminan kesehatan, user akses, serta kontak klinik.

Tampilan Halaman Login User

Tampilan Halaman Login User Review Aplikasi Antrian Berbasis Web Dengan PHP, MySQL dan Codeigniter

Tampilan Halaman Dashboard

Tampilan Halaman Dashboard Admin Review Aplikasi Antrian Berbasis Web Dengan PHP, MySQL dan Codeigniter

Tampilan Status Antrian

Tampilan Status Antrian Review Aplikasi Antrian Berbasis Web Dengan PHP, MySQL dan Codeigniter

Bila kamu ingin mencoba aplikasi ini, kamu dapat mendowload melalui link dibawah.

Download

Cara Instalasi dan Penggunaan

Setelah berhasil mendowload paket file aplikasi dalam bentuk rar, kamu perlu mengekstrak terselbih dahulu. Lanjut nyalakan Apache dan MySQL untuk impor database ke phpMyAdmin. Jangan lupa untuk mencopy file hasil ekstrak tadi ke folder htdocs.

Aplikasi masih belum siap diakses nih, kamu masih perlu mengkoneksikan database ke sistem aplikasi, caranya dengan membuka file database.php yang letaknya ada di direktori folder application/config. Ketik nama database sesuai dengan nama database yang kamu buat. Misalnya seperti konfigurasi dibawah ini:

'hostname' => 'localhost','username' => 'root','password' => '','database' => 'klinik','dbdriver' => 'mysql',

Ketika pertama kali menjalankan program dan ingin mengakses halaman akses login user, kamu dapat mengaksesnya menggunakan url

http://localhost/aak/c_login

Gunakanlah akses login user ke aplikasi antrian berbasis web menggunakan data dibawah ini,

User  Administrator


Username : obet
Password : obet

Demikian ulasan terkait review aplikasi antrian berbasis web PHP, MySQL dan Codeigniter, semoga dapat menambah wawasan kamu dalam mengetahui operasional sistem antrian menggunakan web aplikasi. Bila kamu memiliki keterterikan dalam pengembangan aplikasi ini, kamu dapat menganalisa langkah-langkah program yang ada di file.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar