Konsultasikan kebutuhan IT Anda, dengan CS OMAHJARINGAN. HUBUNGI KAMI

Review Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web dengan Codeigniter

Review Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web dengan Codeigniter

Sebagian orang memiliki pandangan bahwa data tamu itu penting. Namun ada juga yang tidak ingin repot menggunakan sebuah sistem untuk menyimpan data.

Dan hal tersebut tentunya boleh-boleh saja. Namun bila sudah masuk ke dalam suatu perusahaan atau instansi, data tamu bisa menjadi penting untuk memonitoring siapa saja yang pernah keluar masuk kantor.

Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya tindak kejahatan suatu oknum.

Perlu adanya media yang tepat untuk menyimpan setiap data tamu. Baik itu untuk tamu yang masuk maupun keluar, pengiriman barang, pengambilang barang, atau sekedar rapat pertemuan dan lain sebagainya.

Pada dasarnya jika tetap menggunakan cara lama dengan menggunuakan buku tamu berbentuk cetak yaitu, sifatnya yang mudah luntur, sobek, maupun hilang, karena data memang berupa cetakan kertas.

Dan itu akan berbeda cerita jika dibuatkan sebuah sistem dalam bentuk aplikasi buku tamu berbasis web dengan codeigniter, tentunya akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Karena data yang telah diinput ke dalam aplikasi buku tamu tersebut, akan tersimpan rapi didalam database. Kami menemukan sebuah aplikasi buku tamu berbasis web menggunakan Codeigniter yang dishare oleh github.com/razaqultegar.

Web aplikasi buku tamu ini masih dalam pengembangan dari yang sebelumnya menggunakan bahasa PHP native di pindah ke codeigniter.

Adapu beberapa fitur yang sudah ada dan cukup menarik yaitu.

  • Input Tamu
  • Panel Admin
  • Cetak Laporan (PDF dan Excel)

Penambahan Fitur

  • Update Sistem
  • Frontend
  • Pengisian Dinamis (Format Pengisian Buku dapat disesuaikan)
  • Perbaikan Cetak Laporan

Installasi

  • Menggunakan server lokal/XAMPP

Sayangnya untuk versi demonya kurang begitu detail, karena terkait database yang masih dirahasiakan oleh pembuatnya.

Jadi kamu perlu menghubungi pembuat web aplikasi buku tamu ini terlebih dahulu untuk mengakses keseluruhan fitur aplikasi.

Namun kamu tidak perlu kecewa untuk dapat menggunakan web aplikasi ini, karena kamu bisa membuat database sendiri. Tapi membutuhkan waktu untuk melihat setiap bagian-bagian dari code program yang digunakan.

Download

Demikian pembahasan terkait aplikasi buku tamu berbasis web dengan codeigniter ini dapat menambah wawasan dan referensi tambahan bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman php dan codeigniter.

Posting Komentar