--> Skip to main content

Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Setiap badan usaha apapun bidangnya, tanpa memiliki data inventory barang pasti akan sangat kacau. Kenapa bisa dibilang kepastian? Data inventory barang itu merupakan aset, sedangkan aset tanpa manajemen sama saja membiarkan perusahaan diambang kehancuran.

Data yang dimiliki perusahaan harus sama dengan jumlah yang ada di lapangan atau kantor cabang. Maka dari itu perlu adanya media teknologi yang dapat memberikan laporan histori barang masuk maupun barang keluar dari penyimpanan atau gudang.

Penggunaan aplikasi inventory barang berbasis web, tentunya akan sangat membantu proses monitoring barang kapanpun dan dimanapun.

Ada sebuah sampel aplikasi yang bisa kamu jadikan bahan referensi struktur sistem yang baik dalam manajemen data invetory barang. Ulasan aplikasi ini dibuat dengan tujuan mencatat setiap histori invetory barang yang diterima maupun barang yang keluar ke divisi lain, serta beberapa barang yang telah digunakan oleh perusahaan.

Meskipun terbilang cukup simpel, tapi sistem informasi invetory barang berbasis web ini sangat membantu sekali. Barang kali, kamu sedang mencari referensi pengembangan aplikasi atau sekedar ingin mempelajari terkait cara pembuatan sistem informasi inventory barang berbasis web yang ideal.

Fitur-Fitur Aplikasi Inventory Barang Berbabasis Web


Berikut ini dokumentasi interface aplikasi inventory barang :

1. Halaman Login Form User

Agar dapat meningkatkan keamanan sistem, tentunya perlu sebuah aplikasi untuk diberikan user akses tertentu. Maka dari itu form login sebagai media yang digunakan oleh seseorang yang hanya memiliki hak akses ke aplikasi saja.

Fitur Form Login Pengguna Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter


2. Data Master Divisi 

Pada saat pengguna berhasil login di aplikasi inventory barang, kemudian terdapat menu data master yang dapat digunakan sebagai media pencatatan inventory, serta bagian divisi yang akan menggunakan barang tersebut.

Fitur Data Divisi Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Setiap data barang pada aplikasi inventory dan data divisi akan disimpan di menu tersebut dan kamu dapat menggunakan fitur menu lainya untuk mengelola inventory barang.

Fitur Data Master Inventory Barang Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

3. Rekap Stok Inventory

Semua barang inventory yang berhasil disimpan pada data master maka akan muncul pada dasboard di rekap stok inventory barang. Sebelumnya inventory barang yang baru dimasukkan adalah berjumlah 0.

Fitur Rekap Stok Inventory Barang Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Kamu dapat melakukan update data barang di menu Terima Barang. Sehingga setiap barang yang masuk dapat langsung di tambahkan pada data inventory tersebut.

Fitur Tambah Data Terima Inventory Barang Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter


Selain menyimpan data penerimaan inventory barang, aplikasi juga dapat menyimpan data pengeluaran atau pengiriman barang inventory ke bagian divisi lain. Detail laporan data penerimaan dan pengeluaran barang tersebut disimpan, dan kamu dapat melihatnya pada menu detail.

4. Rekap Stok Barang Inventory di Divisi

Bila pada fitur menu tersebut merupakan rekapan inventory barang secara keseluruhan atau master, pada bagian menu ini di catat serta dibagi per divisi.

Setiap divisi memiliki detail stok inventory barang masing masing. Data yang diolah tersebut akan bertambah, bila ada data pengeluaran inventory barang yang terdapat pada fitur menu sebelumnya.

Kemudian, bila dari sekian banyak stok barang yang sudah tersimpan datanya dari bagian divisi pengguna, maka jumlah pemakaianpun akan disimpan untuk mengurangi jumlah stok barang yang ada pada divisi pengguna inventory barang.

5. Laporan Inventory di Master dan Divisi

Bila aplikasi inventory barang ini telah digunakan pada periode waktu yang lama, maka data yang disimpan dan dikelola akan sangat banyak. Pengguna aplikasi dapat melihat histori pemasukan dan pengeluaran inventory barang di bagian master data maupun fitur divisi.

Fitur Barang di Master dan Divisi Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Apabila kamu ingin melihat detail barang yang digunakan per divisi, maka seluruh penyimpanan data akan ditampilkan secara urut. Hal ini dimaksudkan agar pengguna dapat melihat pergerakan stok inventory barang agar lebih jelas.

Fitur Master Laporan Data Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

6. Periode Histori Penyimpanan Data Inventory Barang

Kamu juga bisa melihat histori inventory barang dari awal hingga akhir input data satu per satu, sehingga nantinya apabila dilakukan proses input terus menerus dapat mempengaruhi kinerja aplikasi yang justru akan semakin lambat.

Maka dari itu ada sebuah cara untuk menghindari hal tersebut, yaitu data rekap periode histori inventory barang yang ditutup pada periode waktu tertentu. Sehingga nantinya seluruh bagian rekap data yang tersimpan tersebut dapat diakses melalui menu ini kapan saja.

Fitur Periode Histori Penyimpanan Review Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web Php, MySQL dan Codeigniter

Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi inventory barang berbasis web PHP, MySQL, dan Codeigniter. Kamu dapat mendowload source codenya dengan menggunakan link dibawah ini:

Download 

Untuk mengakses aplikasi inventory, silahkan gunakan akses administrator dengan user sebagai berikut:

  • Username : admin
  • Password : admin

Demikian ulasan terkait aplikasi inventory barang berbasis web, semoga dapat menambah wawasan dalam mempelajari source code cara kerja program didalam aplikasi tersebut serta dapat mengembangkanya menjadi lebih baik lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar