--> Skip to main content

Review Aplikasi Kasir Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Review Aplikasi Kasir Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Dalam pengelolaan manajemen keuangan, Point Of Sale atau biasa disingkat POS menjadi salah satu alternetif dari sekian banyak cara manajemen transaksi suatu bisnis. Aplikasi kasir berbasis web, terdiri dari penyimpanan data stok barang atau data invetori barang, serta dapat mengetahui berapa transaksi yang telah dilakukan.

Dengan cara itulah, pebisnis dapat memonitoring secara langsung keuntungan maupun kerugian yang didapat dari laporan harian, mingguan maupun bulanan. Bahkan juga bisa melakukan strategi bisnis dari hasil laporan transaksi tahunan.

Bisa dikatakan bahwasanya fungsi aplikasi berbasis web atau POS ini memiliki fungsi keamanan dalam menyimpan data transaksi maupun manajemen stok barang.

Pengertian POS (Point Of Sale)

Merupakan cara pembuatan sistem yang dilakukan dengan penyusunan perangkat keras hardware serta software yang terintegrasi menjadi sebuah sistem. Memiliki tujuan dalam meudahkan manajemen transaksi penjualan dengan pelangggan. Secara umum, aplikasi POS digunakan oleh para pelaku bisnis di minimarket, perkantoran, hotel, restauran, cafe dan usaha lainya yang membutuhkan manajemen bisnis.

Kami akan memberikan ulasan, gambaran dari source code aplikasi kasir berbasis web yang memiliki berbagai fitur pendukung. Beberapa aplikasi dibawah ini disusun dalam bahasa pemrograman PHP, MySQL, dan Codeigniter. Selain itu pilihan aplikasi kasir ini memiliki halaman yang didesain mudah dinavigasi, tampilan yang simpel dan menarik.

Fitur yang harus Ada di Aplikasi Point Of Sale, Yaitu:

  • User Admin - Dikhususkan untuk user yang memilik hak khusus yaitu memiliki akses paling tinggi didalam sistem aplikasi kasir berbasis web ini. Karena pengaturan didalam sistem bisa diakses semua tanpa adanya batasan.
  • User Kasir - User ini memiliki hak akses hanya sebagai input data untuk memasukkan transaksi penjualan produk. Dengan begitu, penyesuaian dari admin tidak bisa dirubah oleh user kasir.

Beberapa fitur hak akses yang bisa disesuaikan oleh user Admin :
  • Manajemen Barang Masuk
  • ManajemenUser Kasir
  • Manajemen Kategori
  • Manajemen Data Kostumer
  • Manajemen Supplier
  • Manajemen Laporan
  • Manajemen Return Produk
  • Grafik Bulanan
  • Grafik Kategori
  • Grafik Tahunan

Berbeda dengan user kasir memilik fitur terbatas:

  • Manajemen Produk
  • Manajemen Return Produk
  • Manajemen Transaksi Grosir
  • Manajemen Transaksi Ecer
  • Manajemen Data Kustomer
  • Manajemen Laporan

Kurang lebihnya seperti itu standar yang harus ada di palikasi kasir berbasis web, yang diharapkan dengan adanya fitur-fitur tersebut dapat memudahkan dalam mengelola bisnis dengan sistem terintegrasi sehingga lebih efektif dan efisien.

Adapun fitur yang telah ada bisa kamu kembangkan lagi berdasarkan kebutuhan, misalnya dengan scan barcode, pergantian navigasi, membuatnya menjadi aplikasi publik alias bisa diakses menggunakan internet, dan lain sebagainya.

Aplikasi Kasir POS Muhajirin


Berikut ini dokumentasi tampilan POS muhajirin.

Tampilan halaman dashboard user kasir, untuk mengiput transaksi pelanggan. 

Tampilan Dashboard Kasir Review Aplikasi Kasir Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Tampilan halaman varian produk, untuk menambah dan mengurangi daftar produk yang tersedia.

Tampilan Varian Produk Review Aplikasi Kasir Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Fitur POS Muhajirin

Beberapa fitur menarik yang bisa kamu andalkan dalam mengelola bisnis dengan web aplikasi.

Jaringan Online 

Kamu dapat menyediakan penyimpanan aplikasi kasir berbasis web menggunakan server sendiri, dan bisa mengintegrasikanya ke seluruh kantor cabang usaha. Sehingga nantinya kamu dapat memonitoring kapanpun dan dimanapun secara langsung dengan menggunakan akses internet. 

Basis Data Pelanggan

Histori transaksi dengan pelanggan tersimpan rapi didalam database, sehingga kamu bisa menyimpan catatan loyalitas pelanggan dengan menjadi member dari daftar email dan nomer HP. Sekarang kamu dapat melihat laporan dari data kunjungan harian ke tempat usaha, dan memesan menu favorit mereka.

Login User Pegawai / Kasir

Setiap pegawai yang kamu miliki, dapat hak akses yang berbeda sehingga keterangan login tersimpan didatabase. Hal ini berguna untuk menghitung gaji lemburan berdasarkan verifikasi data hadir login user. 

Diskon dan Pajak, dari Persentase dan Nilai

Perhitungan diskon dapat dilakukan perhitungan masing-masing menu produk maupaun dari perhitungan subtotal.

Catatan Tambahan per Produk

Setiap bagian dari transaksi pemesanan dapat diberikan keterangan catatan bersifat optional. Bila terdapat pelanggan yang memesan produk makanan dan minuman dapat diberikan keterangan seperti "Sedikit Gula/Tanpa Cabai" dan lain sebagainya.

Download

Cara Membuat dan Menjalankan Aplikasi Kasir

  • Baca panduan membuat aplikasi kasir

Demikian ulasan singkat terkait review aplikasi kasir berbasis web PHP, MySQl, dan Codeigniter. Semoga dapat menambah wawasan kamu dalam sistem manajemen bisnis menggunakan aplikasi. Kamu juga dapat mempelajari source code yang ada untuk dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar