Skip to main content

Review Aplikasi Stok Barang Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Review Aplikasi Stok Barang Berbasis Web PHP, MySQL, dan Codeigniter

Dalam transaksi jual beli, ada kemungkinan terjadi kesalahan dalam manajemen keuangan. Misalnya masih mempertahankan penggunaan buku catatan sebagai media penyimpanan data belanja, transaksi pembelian, hutang pelanggan.

Kira-kira apa yang akan terjadi bila buku tersebut tak sengaja sobek, terkena air, tulisan memudar? Tentunya, sangat memungkinkan pemilik bisnis kehilangan aset data yang beresiko rugi bahkan bangkrut karena hal tersebut.

Berbeda cerita bila, para pebisnis mulai berusaha untuk mempelajari teknologi untuk mengelola data keuangan dengan baik dan benar. Misalnya saja menggunakan software aplikasi Excel atau lain sebagainya.

Berbeda lagi bila jenis bisnisnya mulai berkembang lebih besar, misalnya saja sekelas perusahaan maupun instansi. Tentunya perlu adanya pengolahan data, terutama bagian gudang aset. Aplikasi stok barang berbasis web menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak alternatif yang bisa digunakan untuk mengelola data.

Penggunaan web aplikasi ini tentunya dapat menjaga aset kantor, agar dapat termonitoring dengan baik. Baik itu dalam hal memonitor stok barang, juga dapat melihat kondisi maupun histori barang itu sendiri.

Umumnya aplikasi stok barang berbasis web disusun menggunakan pemrograman PHP, MySQL dan Codeigniter sebagai frameworknya.

Fitur Standar yang Harusnya Ada pada Aplikai Stok Barang Berbasis Web
  • Manajemen User - Kamu dapat melakukan manajemen siapa saja yang dapat mengakses sistem dari aplikasi stok barang, agar tidak semua orang memiliki data barang yang tersimpan didalam gudang.
  • Master Barang - Semua informasi terkait jenis barang, tipe, nomor seri, merk, garansi, juga perlu dimasukkan agar histori barang dapat termonitor.
  • Manajemen Transaksi - Barang yang keluar dan masuk dari gudang perlu ada, kapan, siapa yang menyerahkan dan menerima serta berapa jumlah barang yang masuk ke dalam gudang? Hal ini juga menjadi acuan penting dalam pengelolaan data.
  • Data Report - Laporan data barang masuk dan keluar dari gudang.
  • Manajemen Petugas - Ada penanggung jawab petugas yang ada digudang, bila lebih dari satu petugas maka perlu adanya penambahan akses user untuk memasukkan data pada aplikasi stok barang tersebut.
Demikian ulasan singkat terkait review aplikasi stok barang berbasis web PHP, MySQL dan Codeigniter. Semoga dapat menambah wawasan kamu dalam membangun sistem penyimpanan data barang, agar aset dapat terjaga dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar