Skip to main content

Review Sistem Informasi Akademik Sekolah SMA, SMK, Universitas dengan Codeigniter

Review Sistem Informasi Akademik Sekolah SMA, SMK, Universitas dengan Codeigniter

Sesi review aplikasi ini saya akan mengulas pembuatan web aplikasi oleh salah satu pemuda asal magetan, mas Zainal Abidin dengan karyanya yaitu sistem informasi akademik sekolah dengan codeigniter.

Diharapkan dengan adanya pembahasan aplikasi ini, dapat menambah wawasan kamu dalam mempelajari bahasa pemrograman PHP native dan framework codeigniter.

Sistem informasi akademik bebasis web dengan codeigniter ini dapat kamu sesuaikan dengan fungsinya, yaitu untuk SMA, SMK, dan Universitas. Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan database MySQL, dengan framework Codeigniter (CI).

Bahasa pemrograman PHP ini merupakan bahasa program yang paling sering digunakan untuk media pembeliajaran sebuah program web dinamis, sedangkan penambahan framework codeigniter sebagai media untuk kerangka kerja pada bahsa PHP dengan mengusung konsep (Model, View, Controller).

Menariknya sistem informasi akademik sekolah ini menggunakan beberapa tambahan, seperti halnya jquery, bootstrap, dan lain sebagainya. Sehingga secara tidak langsung kamu telah mempelajari beberapa bahasa program dalam satu aplikasi akademik ini.

Terkati akses, sistem informasi akademik sekolah terdapat dua user yaitu administrator dan guru. Fitur-fitur penting didalamnya terdapat data siswa, nilai siswa, absensi guru dan siswa, user pengguna, dan jadwal pelajaran lengkap dengan informasi nilai siswa.

Berikut ini tampilan interface dari Sistem Informasi Akademik Sekolah dengan Codeigniter:

Fitur-Fitur Penting

User Admin

  • Input, edit dan hapus data siswa
  • Input, edit dan hapus data guru
  • Input, edit dan hapus data berita
  • Input, edit dan hapus data jadwal pelajaran
  • Input, edit dan hapus data admin
  • Melakukan absensi guru
User Guru
  • Absensi siswa
  • Input, edit dan hapus nilai siswa

Panduan Instalasi dan Penggunaan


Setelah mendownload source code, silahkan kamu ekstrak terlebih dahulu serta simpan hasilnya pad afolder htdocs. Selanjutnya buatlah database baru atau menyesuaikan database yang sudah ada didalamnya. Lanjut import file siatussmk.sql yang sudah ada di folder database tersebut. 

Kamu juga harus melakukan penyesuaian di bagian koneksi database pada codeigniter di file database.php yang tersimpan di bagian direktori application\config.

$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = '';
$db['default']['database'] = 'siatusmk';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';
Akses user sistem informasi sekolah SD, SMP, SMA, SMK, Universitas

UserAdmin
  • Username: admin
  • Password : admin
Halaman Dashboard User Admin Review Sistem Informasi Akademik Sekolah SMA, SMK, Universitas dengan Codeigniter

User Guru
  • Username :  sarju
  • Password : sarju
Halaman Dasboard User Guru Halaman Dashboard User Admin Review Sistem Informasi Akademik Sekolah SMA, SMK, Universitas dengan Codeigniter

Bila kamu memiliki ketertarikan dalam mempelajari serta mengembangkan sistem informasi akademi SMA, SMK, dan Universitas dengan codeigniter ini, kamu dapat mendowloadnya pada link dibawah ini.


Demikian review ulasan singat terkati sistem informasi akademik sekolah, semoga dapat menambah wawasan dalam pembuatan program menggunakan PHP dan codeigniter. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar