Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Pengertian VPS dan Fungsinya Sebelum Menggunakan


Tahukah Anda bahwa Virtual Private Server (VPS) sangat populer saat ini? Tapi, belum banyak yang paham apa sebenarnya VPS. Mulai dari pengertian VPS dan fungsinya, sehingga penggunaannya masih terbatas.  Berikut ini penjabarannya, sebagai informasi penting buat Anda yang ingin pakai hosting dan domain!


Pengertian VPS Adalah


VPS merupakan sebuah tempat penyimpanan pribadi untuk satu pengguna, sehingga tidak terganggu oleh adanya pengguna lain. Dimana pemilik VPS akan punya hak penuh untuk mengatur, baik itu konfigurasi maupun resource yang tersedia. 

Dalam sebuah VPS, dimungkinkan untuk melakukan pembagian menjadi beberapa VPS dengan resource yang berbeda. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan VPS, sistem penyimpanan ini sangat potensial bagi para pengguna website.

Secara sederhana, ibaratkan saja VPS sebagai sebuah bangunan yang memiliki berbagai ruangan dengan fungsi masing-masing. Pemilik adalah pengguna yang bisa mengatur bentuk masing-masing ruangan sesuai yang diinginkan. Pada VPS, ruang itu bisa dibagi pada disk space, Random Access Memory, hingga bandwidth.

Ketika pemilik website memilih layanan VPS, maka dia sudah punya ruang penyimpanan yang lebih aman, dimana tak ada keharusan berbagi ruang dengan pengguna internet dan website lainnya.  

Untungnya, VPS tergolong murah dan bisa di request ketika Anda membangun sebuah website sehingga sejak awal sudah dimiliki penyimpanan khusus yang nantinya dapat digunakan secara personal.


Fungsi Penting VPS 


Menyigi fungsi dari VPS, sangat banyak dan tentunya sangat membantu pemilik website dan mengelolanya. Apalagi bagi pebisnis yang pakai website untuk mengembangkan bisnis yang digelutinya.

1. Jadi VPN

Jadi, salah satu fungsi dan kegunaan VPS adalah Ketika sebuah perusahaan membutuhkan jaringan pribadi untuk berkoordinasi dengan internal perusahaan, maka VPS bisa dijadikan Virtual Private Network (VPN).

Tidak sembarangan orang yang bisa mengakses server tersebut, bagi yang memiliki akses maka mereka bisa berbagi informasi dan mendapatkan data-data dengan lebih mudah ketimbang pakai penyimpanan fisik antar komputer.

2. Uji Coba Server

Membantu proses uji coba aplikasi, framework, hingga sistem operasi yang baru dibuat. Jika langsung menggunakan server melalui hosting tentu harganya akan mahal dan bisa saja harus berbagi dengan pengguna lain.

Dengan VPS, uji coba bisa dilakukan dengan lebih leluasa tanpa campur tangan pihak lain. 

3. Penyimpanan Pribadi

Bisa dipakai sebagai media penyimpanan data pribadi dengan space yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan. Terutama untuk Anda yang memiliki banyak data penting yang selama ini belum tersimpan dengan aman.

Anda tinggal request pada penyedia jasa web hosting untuk menyediakan VPS dengan ukuran besar atau kecil. Pastinya aman, dan hanya bisa diakses oleh Anda sendiri.

4. Remote Untuk Desktop

Ketika Anda memiliki kendali pada VPS yang terhubung dengan berbagai komputer jalur pribadi. Maka Anda bisa mengendalikan server pada perangkat tersebut tanpa harus menggunakan komputer tersebut secara langsung.

Dimanapun Anda berada, sistem remote bisa digunakan untuk mencari data yang dibutuhkan atau sekedar mengontrol siapa saja yang menggunakan server pada komputer yang terhubung.

5. Website Punya Trafik Maksimal

Bagi Anda yang memiliki website dengan trafik tinggi, tentu akan kewalahan ketika harus berbagi server dengan pengguna lain lewat shared hosting. Dimana bisa berpotensi suspensi domain dan membuat resource yang dipakai bersama pengguna lain jadi bermasalah.

Saat itulah pengalihan pada VPS sangat dibutuhkan, supaya traffic bisa tetap tinggi, stabil, dan tak mengganggu pengguna lain. Disinilah terlihat perbedaan VPS dan hosting, walaupun keduanya sangat dibutuhkan pada sebuah website.

6. File pada Hosting

Bisa juga difungsikan sebagai penyimpanan skala besar, seperti halnya situs ternama sekelas Google Drive dan lainnya. Jadi, tak akan ada masalah lagi jika perlu menyimpan film, software,  dan foto secara online untuk kepentingan website Anda.

Semoga informasi seputar pengertian VPS dan fungsinya di atas, membantu Anda untuk lebih paham seberapa penting memiliki VPS untuk sebuah website. Request saja sekarang pada penyedia jasa web hosting yang Anda gunakan lalu manfaatkan semaksimal mungkin.

Posting Komentar untuk "Kenali Pengertian VPS dan Fungsinya Sebelum Menggunakan"