--> Skip to main content

Posisi Yang Tepat Untuk Menyusui Bayi



Pemberian ASI secara eksklusif terutama pada 6 bulan pertama pada buah hati merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Dalam memberikan ASI juga sering ditemui beberapa masalah, salah satunya ASI tidak keluar atau bahkan keluar hanya sedikit.

Terkadang bayi juga enggan meminum susu, hal ini tentu membuat beban pikiran bunda bukan maka oleh karena itu, bunda juga perlu memperhatikan posisi yang nyaman dalam menyusui bayi terutama bayi yang baru lahir seperti berikut

1. Posisi memangku 1

Posisi ini akan membuat bayimu dapat berbaring dengan nyaman di antara lekukan lengan saat menyusui. Tentu agar nyaman selama menyusui, cobalah untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Kemudian, letakkan bantal atau alas yang empuk di pangkuanmu untuk meletakkan bayi. Barulah setelah itu, letakkan bayimu di atas bantal dan topang kepala bayi dengan lekukan lengan di sisi payudara yang akan disusui bayi.

2. Posisi memangku 2

Posisi ini sebenarnya hampir sama seperti di atas. Perbedaan dari posisi ini adalah setelah meletakkan bayi di atas bantal yang ada di pangkuanmu, di sini kamu menggunakan kedua tangan dan lengan yang berlawanan dengan posisi kepala bayimu untuk menopang kepalanya saat menyus

3. Posisi berbaring

Posisi ini juga termasuk posisi paling nyaman karena tidak membuat kamu pegal dibandingkan posisi di Caranya pun mudah. Berbaringlah dengan posisi telentang dan punggung ditopang oleh bantal. Kemudian, letakkan bayi di atas tubuhmu.

4. Posisi berbaring miring

Jika kamu merasa lelah dengan posisi di atas, kamu bisa juga mencoba posisi berbaring miring. Posisi ini dinilai dapat membantumu lebih relaks dan tidak mengganggu bayi yang tertidur saat disusui. Untuk mencoba posisi ini, kamu cukup berbaring miring dan posisi sejajar dengan bayi. Kemudian arahkan kepala bayi ke arah payudara dengan sedikit meringkuk.

Namun, posisi berbaring seperti ini bisa membuatmu lebih mudah mengantuk saat menyusui. Jadi, hati-hati agar jangan sampai bayimu tertindih bila kamu tetidur.

5. Posisi menyusui bayi kembar

Menyusui bayi kembar bisa jadi membingungkan sang ibu. Akan tetapi, ada beberapa posisi yang bisa dicoba saat menyusui bayi kembar. Salah satu poisisi yang dapat dilakukan yaitu duduk dengan posisi yang nyaman lalu letakkan bantal yang nyaman di pangkuanmu. Kemudian, minta bantuan orang terdekat untuk meletakkan kedua bayimu di atas bantal. Tempatkan kedua bayi pada masing-masing lenganmu, lalu arahkan kepala bayi ke arah payudaramu.

6. Posisi koala

Posisi ini mungkin dapat kamu coba ketika anak sudah cukup kuat untuk duduk. Caranya adalah dengan menempatkan anak di pangkuan salah satu pahamu dengan posisi duduk, dan menghadap ke salah satu payudaramu. Topang bagian lehernya dengan lembut agar bayimu merasa nyaman saat disusui.

Selain posisi menyusui, ada hal penting yang juga perlu kamu perhatikan, yaitu posisi bayi saat menyusu. Hindari posisi tubuh bayi membungkuk karena dapat menyebabkan masalah pada leher dan punggung bayi.

 

Ketika buah hati banyak menyusu maka cairan yang diperoleh oleh tubuhnya juga akan bertambah, hal ini akan berdampak pada banyaknya air kencing yang dikeluarkan oleh bayi. Jika bunda enggan repot dalam mencuci pakaian si kecil berkali-kali disarankan untuk menggunakan popok bayi terbaik karena dengan ini dapat mengurangi sedikit beban bunda dalam mencuci pakaian.

Dari tips diatas pastikan bunda sudah menggunakan posisi menyusui bayi baru lahir dengan tepat, karena jika salah bayi akan tidak nyaman bahkan cairan ASI bisa tidak keluar, tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh para bunda dirumah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar