Skip to main content

Rekomendasi Aplikasi Virtual Machine untuk Simulasi Aplikasi, Jaringan, dan Server

Rekomendasi Aplikasi Virtual Machine untuk Simulasi Aplikasi, Jaringan, dan Server

Pada pembahasan sebelumnya OmahJaringan telah memberikan ulasan pengenalan virtualisasi server dengan menggunakan virtual machine.

Untuk mengingat kembali pembahasan sebelumnya, virtual machine difungsikan sebagai alat untuk membuat sebuah sistem komputer virtual dengan bagian hardware dan OS virtual.

Bisa dikatakan OS yang aktif berada didalam OS yang kamu gunakan. Kamu dapat mengunakan beragam OS misalnya campuran OS Windows dan Linux berbagai jenis, tanpa harus melakukan dual boot.

Penggunaan virtual machine memungkinkan kamu dapat menggunakan dua bahkan lebih sistem operasi pada satu komputer. Kamu dapat mengaktifkanya secara bergantian, tanpa harus menimbulkan gangguan pada OS yang sebenarnya digunakan pada komputer.

Rekomendasi Aplikasi Virtual Machine


Aplikasi virtual machine untuk simulasi server berikut ini merupakan rekomendasi OmahJaringan, dan bisa digunakan pada Windows 10.

#1 Apikasi Virtual Machine VMware Workstation

VMware Workstation merupakan salah satu software yang bisa kamu gunakan untuk membuat mesin komputer virtual dengan berbagai OS.

Aplikasi Virtual Machine VMware Workstation

Dengan bantuan software ini, memungkinkan pengguna dapat menjalan beberapa sistem operasi komputer seperti windows, linux, server dan fungsi lain. Sistem operasi ini dioperasikan secara virtual dan simultan pada satu mesin fisik komputer.

Secara sederhana dengan menggunakan software VMware workstation ini, kamu dapat membuat berbagai macam penyesuaian konfigurasi komputer secara virtual dalam komputer fisik, juga dapat menginstall sistem operasi multi platform didalamnya, memungkinkan juga untuk menghubungkan kedua komputer fisik dan virtual sebagai host dan guest dengan virtual network.

Selain itu kamu bisa menggunakan vitual machine ini untuk menguji sistem operasi baru, sebelum merapkanya pada mesin yang sebenarnya. Kamu bisa mencoba untuk melakukan pengujian dari menjalankan sistem operasi dan menguji sistem dengan virus komputer, tanpa harus khawatir kehilangan data yang tersimpan pada komputer fisikmu.

Mensimulasikan jaringan atau hanya sekedar keperluan browsing terhadap situs yang membuat kamu penasaran akan sistem keamanannya. Bahkan jika kamu sedang mempelajari pembuatan aplikasi, maka VMware Workstation ini dapat kamu gunakan sebagai media penguji aplikasi OS multiplatform hanya dengan menggunakan satu komputer saja.

#2 Aplikasi Virtual Machine VirtualBox

Bisa dibilang aplikasi virtual machine ini paling populer, karena sifatnya yang open source banyak forum pembahasan dan gratis.

Aplikasi Virtual Machine VirtualBox

Menariknya dari aplikasi VirtualBox ini yaitu bisa digunakan lintas platform, bisa dikatakan kamu dapat menggunakanya di sistem operasi Windows, Linux maupun MacOS.

Salah satu fitur menarik pada aplikasi virtual machine ini yaitu kemampuanya yang memungkinkan pengguna dalam mengambil snapshot, mendukung shared folders, seamless mode, serta mendukung drag dan drop.


Tak hanya itu saja, jika kamu ingin melakukan pemindahan sistem operasi pada VirtualBox, kamu bisa mengkloning virtual machine tersebut.

Untuk saat ini, OmahJaringan lebih merekomendasikan kedua aplikasi virtual machine tersebut untuk digunakan sebagai simulasi aplikasi, jaringan, dan server.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar