Skip to main content

Perhatikan Cara Memilih Komponen Komputer Server

Perhatikan Cara Memilih Komponen Komputer Server

Mempertimbangkan spesifikasi komputer server yang tepat dan sesuai kebutuhan, terkadang menjadi prioritas utama setiap perusahaan.

Mahal juga tidak apa-apa, yang penting bisa digunakan sebagai mana mestinya dan tahan lama. Inilah yang rata-rata diinginkan oleh seorang atasan kepada divisi Research and Development.

Bagaimana cara memilih komputer server yang tepat sebelum membeli?


Komputer server menjadi bagian penting dalam infrastruktur jaringan, bagian penting dari hardware untuk kebutuhan server. 

Bisa dikatakan juga bahwasanya komputer server merupakan pelayan virtual dalam sebuah jaringan komputer yang menjadi pusat dari komponen jaringan, dan sudah seharusnya memiliki spesifikasi diatas rata-rata komputer pada umumnya. 

Server sendiri merupakan sejenis komputer, perangkat dan berisi program yang dimanfaatkan sebagai pengelolaan sumber daya jaringan dengan bagian-bagian tugas yang berbeda. 

Umumnya server terdiri dari tiga bagian, yaitu server email, server website, dan server FTP. Kamu dapat membangun jaringan server sendiri namun perlu menggunakan spesifikasi komputer server yang tepat dan sesuai kebutuhan agar dapat menjalankan fungsinya sebagai server. Simak beberapa tips jenis hardware dibawah ini:

#1 CPU

Performa CPU menjadi salah satu kunci kecepatan akses komputer server. Karena CPU merupakan otak dari komputer. Ada dua produsen utama komponen komputer yang bisa kamu temukan di berbagai hardware komputer, diantaranya yaitu AMD dan Intel. 

Kedua produsen hardware ini sama-sama memiliki kekurangan atau sisi negatif, namun sisi positif dari masing-masing produknya tidak bisa disamaratakan begitu saja. 

Meskipun begitu, umumnya para perakit komputer server lebih memilih menggunakan prosesor Intel untuk kebutuhan server. Hal ini dikarenakan,  kinerja prosesor intel jauh lebih cepat dan baik. Prosesor Intel juga memiliki kecepatan dalam membaca setiap data dan tulisan yang jauh lebih baik serta cepat dibandingkan dengan prosesor AMD. 

#2. RAM

Jika CPU dianggap sebagai otak komputer, maka RAM lah yang menentukan seberapa banyak proses yang dapat diproses oleh otak komputer secara bersamaan. 

Maka dari itu pilihlah RAM yang sesuai dengan kebutuhan infrastruktur jaringan server. RAM menjadi bagian dari otak komputer agar dapat meningkatkan performa. Agar server dapat berjalan lebih cepat maka kamu perlu memilih kapasistas RAM yang cukup besar. 

Semakin tinggi traffic yang mengakses data pada server, semakin tinggi pula kapasistas RAM yang dibutuhkan. Minimal penggunaan RAM paling tidak dengan kapasitas 1GB.

#3. Penyimpanan atau Storage

Penyimpanan data atau storage, kamu bisa menggunakan hard drives atau SSD. Layanan lain yang bisa kamu gunakan yaitu Managed SSD VPS, atau VPS SSD yang bisa kamu kelola untuk meningkatkan kecepatan akses server yang tinggi. 

Perangkat SSD merupakan penyimpanan yang cukup populer dibandingkan dengan penggunaan hardrives atau HDD sebagai penyimpanan. Namun disarankan untuk menggunakan SSD sebagai media penyimpanan data, bagi kamu yang mengutamakan kecepatan akses. 

Mengingat tidak semua komputer dapat dijadikan sebagai server maka kamu perlu juga mempertimbangkan dalam memilik komputer sebagai server. Tentunya kamu menyadari bahwa komputer ini dijadikan sebagai pusat pemrosesan akses data penting. Jadi beberapa tips memilih komputer server diatas merupakan langkah tepat untuk mempertimbangkan beragam pilihan bagian-bagian komputer server sesuai kebutuhan agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar