--> Skip to main content

Spesifikasi Komputer Server Kantor Yang Murah

Spesifikasi Komputer Server Kantor Yang Murah

Spesifikasi komputer yang digunakan untuk operasional pegawai pada dasarnya tidak membutuhkan spesifikasi CPU yang besar. Namun jika untuk kebutuhan komputer server kantor tentu harus membutuhkan spesifikasi yang terbaik dan harga yang murah.

Maka dari itu, perlu pertimbangan dalam memilih komputer server kantor yang harus diteliti dengan baik agar tidak salah pilih. Karena fungsi utama komputer server sendiri yaitu sebagai pusat utama dari komputer perusahaan.

Sudah banyak juga perusahaan maupun instansi pemerintahan memanfaatkan jasa teknologi informasi yang benar-benar terpercaya dalam bidangnya. Diharapkan dengan adanya pemilihan infrastruktur jaringan dengan menggunakan komputer server, segala kegiatan kerja di kantor menjadi lebih baik.

Tak hanya pemilihan spesifikasi komputer server saja yang paling utama, tapi juga membangun sistem agar jaringan lalu lintas menjadi lebih mudah dan aman.

Sesuai dengan namanya, komputer server ini berbeda dengan komputer rumahan atau komputer gaming terutama pada jenis prosesornya.

Komputer rumahan atau kantor hanya digunakan untuk mengerjakan tugas yang ringan sehingga bisa cukup menggunakan prosesor dual core dan kapasitas penyimpnanan tidak perlu besar pula. Komputer khusus gaming, kamu bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih 3 jutaan saja, kamu sudah bisa memainkan game dengan lancar.

Beda kebutuhan, beda juga hardware komputer yang digunakan. Komputer server membutuhkan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan sebagai induk komputer. Alasan utamanya yaitu komputer server yang nantinya akan memproses permintaan komputer client dan menyediakan sumber daya yang bisa diakses oleh banyak komputer dalam waktu yang sama.

Komputer server memiliki wewenang dalam pembagian akses internet, mengelola komputer client, mengelola printer, kapasitas penyimpanan yang dimiiliki digunakan untuk penyimpanan data secara bersama-sama, dan memonitoring jaringan komputer.

Komputer Server Kantor


Jenis komputer server sebenarnya tidak hanya digunakan dalam jaringan kantor atau perusahaan, namun juga bisa digunakan untuk instansi pemerintahan, sekolah, maupun pusat data perpustakaan dimana komputer server digunakan sebagai penyimpanan databasenya. Agar kamu tidak salah pilih, berikut ini spesifikasi komputer server untuk kantor yang minim biaya:

#1. Prosesor

Komputer server memungkinkan terkoneksi dengan jumlah user yang banyak sehingga memerlukan prosesor yang besar. Sebagai otak pemrosesan data tersebut, maka sangat bergantung pada kecepatan akses dan jenis prosesor yang digunakan.

Kamu bisa menggunakan spesifikasi komputer pabrikan Intel Xeon E3. Prosesor ini khusus diproduksi untuk kebutuhan komponen komputer server karena dapat dijalankan serta pengendalian kerja yang lebih cepat dan cerdas.

Lebih mengagumkan lagi, jenis prosesor ini memiliki kecepatan frekuensi Turbo sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi performanya. 

#2. RAM

Spesifikasi selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yaitu kapasista RAM. Semaking besar kapasitas RAM pada komputer, semakin banyak proses data yang dijalankan oleh prosesor. Maka dari itu pilihkan spesifikasi RAM yang besar, paling tidak gunakan RAM 8GB DDR4 ECC. Jika kurang dari itu maka pemrosesan lalu lintas pembacaan data sangat lambat.

#3. Hard Disk

Bagian penyimpanan juga butuh yang lebih besar dari komputer pada umumnya, sekali lagi ini komputer server bukan komputer yang umum digunakan sebagai alat kerja yang ringan. Pertimbangkan untuk menggunakan hard disk jenis SSD, paling tidak dengan kapasitas penyimpanan 1 TB atau bisa lebih sesuai kebutuhan.

Selain beberapa spesifikasi yang OmahJaringan sebutkan diatas, kamu juga perlu untuk mengetahui spesifikasi komputer server yang cocok digunakan dikantor terkait spesifikasi Grafis. Sebagai media yang menampilkan visualisasi di layar komputer, semakin tinggi spesifikasi Grafis semakin bagus pula bentuk gambar yang dapat ditampilkan.

Rekomendasi Spesifikasi Grafis yaitu Aspeed AST1400 with 64MB VRAM. Kamu juga harus mempelajari dan memahami penggunaan sistem operasi server seperti  Windows® Server 2008 dan juga 2012, RedHat® Enterprise Linux, CentOS, VMware, dan Citrix XenServer.

Jenis Komputer Server


Setelah kamu mengetahui spesifikasi komputer server yang baik untuk digunakan jaringan kantor, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis pemanfaatan komputer server.

#1. Server Aplikasi 

Server aplikasi difungsikan sebagai media penyimpanan dan pemrosesan data aplikasi yang bisa digunakan atau diakses oleh komputer client. Pada umumnya penggunaan server aplikasi digunakan oleh perusahaan yang besar, atau perusahaan yang sedang berkembang. Jadi untuk perusahaan berskala kecil, ada baiknya untuk menyewa hosting sebagai server aplikasi untuk menekan biaya operasional.

#2. Database Server

Sesuai dengan namanya yaitu database server, komputer ini digunakan sebagai media pelayanan serta bagian pengelolaan basis data yang tersimpan untuk diakses oleh komputer client. Kamu juga bisa melakukan penyesuaian, agar bisa dikoneksikan dari jarak jauh.

#3. Email Server

Email server biasanya dijadikan satu dengan web server, dimana server ini difungsikan sebagai media penyimpanan data email, pengiriman email, yang terhubung ke internet. Sedangkan bagian web server digunakan sebagai penerima permintaan akses HTTP atau HTTPS.

Dengan mempertimbangkan pemilihan teknologi komputer server yang tepat, diharapkan semua pekerjaan yang ada di dalam kantor dapat terselesaikan dengan tepat, cepat dan efisien dibandingkan tanpa menggunakan teknologi ini.

Sedangkan jika sampai, kamu salah dalam memilih spesifikasi komputer server, yang ada kamu hanya akan membuang dengan anggaran sia-sia.

Harga Perkiraan: Rp10.550.000


PlatformTower
ProcessorIntel Xeon E3-1220v5 3.0GHz Turbo 3.5Ghz 8MB Cache
ChipsetIntel® C232 Chipset
Memori8 GB DDR4 ECC
Kapsaitas Penyimpanan1 TB SATA HDD / 1 TB SSD
HDD Bays
3 x Internal 3.5”HDD Bays
1 x Internal 2.5”Disk Bay
Jaringan2 x Intel® I210AT
GrafisAspeed AST1400 with 64MB VRAM
Front I/O Ports
2 x USB 2.0 ports
2 x USB 3.0 ports
1 x Microphone port (with optional MIO card)
1 x Headphone port (with optional MIO card)
Rear I/O Ports
1 x External Serial Port
2 x RJ-45 ports
2 x USB 3.0 ports
2 x USB 2.0 ports
1 x VGA port
1 x PS/2 KB/MS port
Sistem Operasi Pendukung
Windows® Server 2008
Windows® Server 2012
RedHat® Enterprise Linux
SuSE® Linux Enterprise Server
CentOS
VMware
Citrix XenServer
Power Supply Single 500W 80 PLUS Bronze
Power Supply Rating: 100-240V, 6/3A, 50-60Hz, Class I
Semoga pembahasan terkait sepesifikasi komputer server yang baik digunakan untuk kantor ini dapat menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih komponen server yang tepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar