--> Skip to main content

Contoh Cloud Computing yang Tanpa Disadari Sudah Kamu Gunakan

Contoh Cloud Computing yang Tanpa Disadari Sudah Kamu Gunakan

Pada pembahasan sebelumnya kamu telah mengenali pengertian dan jenis cloud computing. Pemanfaatan teknologi yang digabungkan menjadi satu kesatuan infrastruktur jaringan komputer, dengan pengembangan berbasis cloud (awan).

Kemampuan teknologi jaringan ini sebagai media pemrosesan program maupun aplikasi yang diakses dari komputer satu dengan komputer lainya yang saling terhubung pada waktu bersamaan. Namun tidak semua teknologi internet menggunakan cloud computing.

Teknologi jaringan komputer berbasis cloud ini menjadi sebuah jaringan yang besar di internet sebagai pusat penyimpanan dan pemrosesan data atau bisa dibilang sebagai server. Teknologi jaringan komputer ini memungkinkan para pengguna mengakses server kapanpun dan dimanapun dengan akses izin yang sesuai, dengan cara terhubung ke internet.

Contoh Cloud Computing atau Aplikasi Komputasi Awan

Dibawah ini merupakan aplikasi yang menggunakan sistem cloud computing, mungkin salah satunya pernah kamu gunakan dan tanpa kamu sadari bahwa sistem jaringanya menggunakan cloud computing.

#1. Windows Azure

Dibuat dan dikelola oleh perusahaan Microsoft, sebagai sistem operasi berbasis komputasi awan. Dimanfaatkan untuk pengembangan fitur aplikasi serta memberikan layanan jaringan secara global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure telah melayani berbagai kebutuhan media bahasa pemrograman serta tools yang digunakan untuk pemrograman. Sistem operasi ini telah cukup lama dirilis ke publik sekitar tahun 2010.

#2. Google Drive

Layana penyimpanan data ini juga pernah OmahJaringan gunakan sebagai media penyimpanan data. Aksesnya yang mudah, dan kapasitas yang cukup besar menjadi salah satu alternatif dari sekian banyak pilihan penyimpanan data yang aman.

Dipublikasikan pada tanggal 24 April tahun 2012. Kapasista penyimpanannya pun bisa kamu tambahkan dengan cara mengupgrade layanan ke premium.

#3. Evernote 

Bagi kamu yang sering membuat sebuah catatan penting dan ingin menyimpan secara online, tentu akan memudahkan kamu pada saat ingin mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Evernote digunakan sebagai media penyimpanan catatan penting, menyimpan tulisanmu sendiri, bookmark artikel penting, menyimpan pengingat, bisa kamu tambahkan juga pada sistem operasimu, smartphone dsb.

#4. Yahoo.com

Sebuah perusahaan internet multinasional yang terkenal dengan portal webnya dengan informasi menarik dan terupdate, serta beberapa produk layanan mereka seperti Yahoo Search, Yahoo Directory, Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo News, Yahoo Answers, Yahoo Groups, Peta Daring, berbagi file Video, Situs dan periklanan, Media sosial dan lain-lain.

#5. Dropbox

Kamu dapat berkolaborasi  dengan rekan-rekan kerjamu. Dengan meyimpan dan berbagi file serta mewujudkan perkembangan proyekmu dengan anggota tim.

#6. Scribd 

Layana ini menjadi salah satu tempat untuk berbagi file dokumen yang disatukan dalam bentuk halaman web dengan menggunakan iPaper Format, biasanya dengan format PDF.

#7 Skydrive

Layanan ini juga salah satu layanan milik perusahaan Microsoft yang berbasis cloud server. Dimana kamu dapat menitipkan beberapa dokumen yang ingin kamu akses dari mana saja, tersimpan didalam server Microsoft denga akun yang sama misalnya dengan Windows Live ID / Outlook. Layanan ini kurang lebih hampir sama dengan layanan Google Drive dan Dropbox.

Dan masih banyak lagi cloud computing yang tanpa kamu sadari telah kamu gunakan. Namun, ada baiknya untuk tetap bijak dalam menggunakan layanan penyimpanan data secara online yang GRATIS. Karena hanya kamu yang mengetahui data paling penting dan data yang tidak penting bagimu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar