--> Skip to main content

Pengertian dan Jenis Layanan Cloud Computing

Apa Alasan Linux Diklaim Sebagai OS Terbaik Untuk Komputer

Tahukah kamu bahwa layanan cloud computing ada beberapa jenis? OmahJaringan akan mengulas lengkap pengertian dan jenis layanan cloud computing yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan layanan tersebut.

Pengertian Cloud Computing


Kamu harus mengetahui fungsi serta manfaat yang didapat dari penggunaan cloud computing. Secara garis besar, cloud computing merupakan serangkaian jaringan komputer yang saling terhubung dengan media internet. Keberadaan jaringan ini digunakan untuk menjalankan sebuah sistem secara bersamaan, misalnya untuk menjalankan program atau aplikasi melalui perangkat-perangkat yang terkoneksi pada waktu yang sama. 

Sistem jaringan cloud ini akan bekerja menggunakan internet sebagai server dalam pemrosesan data, selain itu memungkinkan para pengguna yang mengakses program untuk login terlebih dahulu agar dapat menjalankan aplikasi yang diperlukan tanpa harus menginstall sebuah software pada perangkat.

Manfaat Cloud

Berbagai manfaat penggunaan layanan cloud comptuing cukup banyak, berikut ini diantaranya manfaat yang bisa kamu dapatkan:

#1. Fleksibel

Manfaat menggunakan layanan cloud computing yang pertama yaitu terkait penggunaan yang fleksibel. Dalam beberapa tahun terakhir dalam perkembangan teknologi, setiap industri bisnis menyadari pentingnya penggunaan layanan cloud computing untuk menunjang operasional bisnis.

Bahkan surver terbaru mengungkap setidaknya ada 42% perusahaan yang mulai menyadari fleksibilitas layanan cloud computing jika diterapkan pada perusahaan.

Ketika kamu telah berada diluar kantor, kamu masih dapat mengakses data kantor atau bahkan berkomunikasi dengan virtual account dengan cepat tanpa mengalami kesulitan selama kamu terkoneksi dengan internet kapanpun dan dimanapun.

#2. Sebagai Aset Investasi 

Manfaat layanan cloud computing selanjutnya yang paling penting selanjutnya yaitu mampu menekan biaya operasional kantor, dan bisa digunakan sebagai media investasi atau tabungan.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar akan infrastruktur jaringan berupa penyimpanan hardisk. Hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya sebagai kompensasi rutin yang bisa dibayarkan secara bertahap atau hanya sekali bayar.

Tentunya layanan cloud computing memiliki kebijakan masing-masing terkait transaksi sewa cloud computing, tergantung kesepakatan kamu dengan penyedia layanan. Dengan begitu, biaya royalti terhadap lisensi penggunaan perangkat lunak dapat berkurang bahkan dapat di tekan berkat layanan cloud computing ini.

#3. Interaksi Pengguna yang Jauh Lebih Efektif dan Efisien

Cloud computing memungkinkan para pengguna layanan tersebut seperti halnya karyawan dan atasan dapat melakukan komunikasi terkait bisnis dengan lebih mudah.

Bahkan software tertentu dapat memungkinkan pengguna cloud computing berinteraksi dengan satu bahkan lebih user atau file data secara bersamaan.

Bagi para atasan perusahaan bisa mendapatkan data proyek, informasi, perkembangan atau dokumen lainya terkait pekerjaan dapat diakses diluar kota atau luar negeri selama pengguna terkoneksi dengan internet.

#4. Skalabilitas

Dari sekian banyak pilihan, layanan cloud computing ini sangat ideal bagi para pelaku bisnis kapasitas besar seperti perusahaan yang ingin menggunakan layanan bandwidth yang besar dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan teknologi.

Perkembangan bisnis, tentu sangat bergantung pada sumber daya operasional kantor berupa teknologi yang mutakhir.

Pada saat kebutuhan penggunaan cloud meningkat, kamu dapat melakukan upgrade layanan server jarak jauh. Apabila kamu ingin menekan biaya operasional, kamu bisa mengambil tindakan mengurangi kapasitas yang dibutuhkan.

Sudah cukup banyak para pelaku bisnis yang menggunakan layanan cloud computing, seperti halnya perusahaan besar Kaskus, Facebook, Amazon, dan masih banyak lainya. Contoh lain cloud computing untuk penyimpanan data.

Cara Kerja 


Dari penjelasan diatas, tentunya kamu telah memahami bahwa seperti apa cara kerja sistem cloud ini. Sistem cloud computing bekerja secara online, sehingga untuk dapat mengaksesnya kamu perlu terhubung ke internet terlebih dahulu. 

Setiap aktifitas pada cloud akan disimpan dan dikerjakan pada komputer server. Kamu juga dapat mengakses data yang kamu kerjakan kapanpun dan dimanapun selama perangkatmu masih terkoneksi dengan internet. 

Cara kerja yang kedua yaitu memungkinkan pengguna dapat menjalankan suatu software aplikasi, dan setiap kegiatan yang dilakukan menggunakan aplikasi tersebut akan tersimpan pada komputer utama yaitu server. 

Jenis Layanan Cloud Computing


Setiadaknya ada 3 jenis tingkatan layanan computing yaitu SaaS (Softwaer as a Service), IaaS (Infrastruktur as a Service) dan Paas (Platform as a Service). Apa saja pembeda diantara ketiga layanan tersebut? Simak penjelasan detailnya dibawah ini:

#1. SaaS (Software as a Service)

Jenis pelayanan cloud ini disediakan dalam bentuk perangkat lunak seperti penyimpanan data Google Docs, Adobe Creative Cloud, dan Spreadsheet. 

Pada implementasi penggunaanya, kamu hanya perlu mengakses aplikasi yang disediakan tersebut tanpa perlu menginstall diperangkat kamu. Hal tersebut sudah termasuk ke dalam pelayanan cloud SaaS (Software as a Service)

Melalui layanan cloud SaaS ini kamu dapat mengakses aplikasi kapanpund dan dimanapun menggunakan koneksi internet, tanpa harus perlu menyediakan penyimpanan pada perangkatmu. 

#2. PaaS (Platform as a Service)

Layanan cloud PaaS memberikan pelayanan dalam bentuk platform tertentu yang bisa kamu gunakan dalam pembuatan aplikasi. Bisa digambarkan bahwa, cloud PaaS memungkinkan pengguna dapat menggunakan gedung dan berbagai tingkat lantai. 

Nah sedangkan software ruang lingkupnya kurang lebih seperti network, database, sistem operasi framework, dan lain sebagainya. Selain itu kamu tak perlu repot-repot melakukan pemeliharaan server, karena sebagai penyewa kamu akan mendapatkan layanan full service dari Platform as a Service, sehingga kamu dapat lebih fokus dalam melakukan pengembangan software atau aplikasi yang sedang kamu kerjakan.

Contoh penyedia layanan cloud PaaS ini yaitu OmahJaringan, IBM Bluemix. Pada layanan tersebut kamu dapat membuat sebuah penyimpanan aplikasi serta pengembanganya, dengan akses fitur yang telah disediakan. 

Semakin banyak pengguna yang mengakses cloud aplikasi, layanan cloud PaaS akan secara otomatis memberikan layanan prioritas terhadap aplikasi Anda untuk memberikan pelayanan terhadap pengguna yang mengaksesnya.

#3. IaaS (Infrastructure as a Service)

Pada layanan cloud IaaS, penyedia layanan ini akan memberikan sumber daya infrastruktur komputasi atau yang dikenal sebagai cloud computing terlengkap, terdiri dari jaringan, storage, server, hingga ruangan data center. 

Bisa dikatakan ketika kamu menggunakan layanan IaaS, kamu sebenarnya telah menyewa komputer virtual yang masih kosong. Ketika kamu telah memilih layanan sesuai kebutuhan, penyedia layanan akan menambahkan komponen komputasi seperti halnya ip publik, penyimpanan, RAM, CPU dan lain-lain untuk membangun infrastruktur jaringan komputer virtual yang kamu butuhkan.

Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membeli komputer fisik dan memikirkan cara mengelolanya. Kabar baiknya layanan cloud IaaS memungkinkan kamu dapat mengkonfigurasi komputer dengan akses yang mudah cepat dan praktis. Misalnya suatu ketika perlu menambahkan RAM ataupun penyimpanan data yang lebih besar, kamu dapat menambahkanya dengan cepat dan realtime

Demikian ulasan singkat terkait pengertian dan jenis layanan cloud computing, semoga ulasan ini yang sedang kamu cari dan butuhkan untuk mempertimbangkan menggunakan layanan cloud yang tepat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar