--> Skip to main content

Pengertian dan Jenis Sertifikasi Comptia Network


Pada pembahasan sertifikasi bidang IT, disitu OmahJaringan menginformasikan bahwa ada sertifikasi keahlian yang perlu kamu ambil untuk menjadi SDM profesional di bidang IT. Sertifikasi Comptia merupakan kategori sertifikasi internasional dalam bidang teknologi informasi yang bebas dan tidak terikat dengan layanan atau produk tertentu pada saat proses ujian sertifikasi kompetensi.

Kamu yang ingin mengikuti program sertifikasi Comptia berarti telah memiliki tujuan untuk mendapatkan keahlian dalam bidang IT tanpa batas serta tidak terikat oleh produk vendor tertentu. Tapi memungkinkan kamu dapat menangani beragam produk jaringan tersebut, karena telah mengetahui konsep teknologi informasi dengan dukungan teknis dan implementasi yang matang.

OmahJaringan Training Center menawarkan program pelatihan untuk persiapan ujian sertifikasi Comptia. Selain menyediakan program pelatihan sertifikasi Comptia, OmahJaringan juga menyediakan layanan pelatihan untuk persiapan sertifikasi CCNA dan CCNP.

Dalam pelatihan untuk menghadapi ujian sertifikasi tersebut, OmahJaringan memiliki pelatih yang profesional yang tentunya telah memiliki sertifikasi khusus dalam bidangnya.

Apa Itu Sertifikasi Comptia?


Sertifikasi Comptia merupakan bagian dari sertifikasi kompetensi berskala internasional dalam bidang teknologi informasi yang tidak terikat dengan vendor maupun produk layanan jaringan komputer pada proses sertifikasi kompetensi.

Berbeda dengan sertifikasi Cisco maupun sertifiksi Microsoft yang secara khusus memvalidasi sertifikasi teknologi dengan basic pengetahuan produk serta kompetensi kamu dalam bidang IT yang mereka produksi.

Jadi bisa dikatakan, bahwa memiliki seritifikasi kompetensi Comptia, kamu tidak dibatasi oleh produk vendor manapun. Keahlian yang nantinya kamu dapatkan yaitu, kemampuan dalam menangani semua produk tersebut dengan cara menguasai materi maupun implementasi dari produk tersebut.

Dengan demikian perangkat tersebut menjadi bagian dari tools dalam membangun solusi infrastruktur teknologi informasi.

Mengapa Sertifikasi Comptia?


Pertanyaannya mengapa harus sertifikasi Comptia? karena sertifikasi Comptia ini memiliki tingkat pengakuan dan populer di Eropa dan Amerika. Telah banyak juga perusahaan yang membuka lebar pintu mereka untuk SDM profesional IT yang memiliki keahlian dalam merancang serta membangun infrastruktur jaringan komputer tanpa dibatasi oleh vendor maupun produk tertentu.

Profesional IT ini, memiliki kemampuan yang lebih dalam mengintegrasikan berbagai macam produk jaringan komputer menjadi satu kesatuan untuk mendukung operasional perusahaan.

Sehingga perusahaan yang memiliki SDM yang teruji dan memiliki sertifikasi Comptia, diharapkan perusahaan tidak lagi bergantung pada vendor layanan jaringan, dengan begitu perusahaan dapat lebih mandiri dalam mengoperasikan sistem tanpa bergantung pada pihak tertentu.

Berikut ini layanan pelatihan persiapan ujian sertifikasi comptia yang tersedia di OmahJaringan Training Center :

CompTIA A+ | Computer Fundamentals

Kamu sebagai pemilik sertifikasi Comptia A+ mendapatkan pengakuan khusus dalam memahami konsep dasar dari personal computer, faham konsep troubleshooting, bagian-bagian perangkat keras, mengenal konsep sistem operasi, perbaikan serta maintenance jaringan dan perangkat, serta memahami jenis jaringan komputer hingga keamanan jaringan komputer.

Tentunya dengan memiliki sertifikasi Comptia A+, kamu dapat berpeluang lebih mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi komputer yang handal, baik itu untuk bagian IT support maupun helpdesk.

CompTIA Network+ | Networking Fundamentals

Pemegang sertifikasi Comptia Network+ memiliki kemampuan dalam memahami konsep dasar terkait infrastruktur jaringan komputer dan konsep maintenance jaringan yang efektif, pengelolaan jaringan serta troubleshoot.

Bagi kamu yang berhasil mendapatkan sertifikat Comptia Network, kamu memiliki profile yang kuat dalam bidang infrastruktur jaringan komputer serta memungkinkan dapat sukses sebagai network engineer melalui program sertifikasi kompetensi dari Comptia Network+.

CompTIA Security+ | Security Fundamentals

Sertifikasi Comptia Security+ merupakan bagian dari sertifikasi komptensi internasioan dari Comptia yang menguji kemampuan seseorang yang ahli dalam kemanan jaringan komputer.

Pemiliki sertifikat ini membuktikan bahwa ia telah memahami setiap prinsip serta konsep dasar keamanan komputer baik dalam jaringan secara luas maupun jaringan lokal. Dengan berhasil memiliki sertifikat Comptia Security+, kamu telah siap menjadi SDM profesional dalam bidang keamanan IT>

CompTIA Linux+ (Powered by LPI) – Part 1 & Part 2

Seritifkasi Comptia Linux+ merupakan jenis sertifikasi internasional dari Comptia yang memberikan ujian kompetensi yang merujuk pada sistem operasi linux serta mendapatkan dukungan dari Linux Profesional Institute atau dikenal sebagai LPI.

Pemegang sertifikat Comptia Linux+ memiliki keahlian dalam hal dasar perintah linux maupun sistem Linux, manajemen paket, instalasi Linux, dan perintah-perntah dasar terkait sistem operasi Linux.

Jika kamu berhasil memiliki sertifikat ini, berarti kamu telah siap menajdi seorang ahli IT dalam bidang Server administration atau Network Administration.

CompTIA Project+

Sertikasi Comptia Project+ ditujukan untuk pengujian keahlian serta pengetahuan dalam bidang manajemen proyek. Dengan begitu pemegang sertifikat ini dalam mengetahui seluk beluk pengolahan data proyek seperti halnya ketentuan biaya, kualitas, dan waktu pengerjaan.

Ini merupakan sertifikasi yang sangat disarankan bagi kamu yang ingin menjadi seorang project manajer dalam perusahaan. Juga bisa digunakan sebagai sebagai pelengkap profile kamu untuk keperluan bisnis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar