--> Skip to main content

Panduan Dasar Fungsi VPN Server dan Cara Kerjanya

Panduan Dasar Fungsi VPN Server dan Cara Kerjanya

Pembahasan yang cukup menarik nih, fungsi VPN Server dan cara kerjanya. Tentunya ada dua hal yaitu VPN server zaman dulu dan VPN server yang lebih modern. Pada dasarnya tujuan pembuatan VPN server zama dulu yaitu untuk mengkoneksikan jaringan secara aman di suatu jaringan komputer pada perkantoran.

Sedangkan fungsinya saat ini telah berubah, VPN server lebih dimaksimalkan penggunaanya untuk akses koneksi internet seluruh dunia agar lebih cepat, privasi, dan aman. VPN juga sering digunakan untuk mengakses suatu perangkat dari jarak jauh atau remote.

Maka dari itu OmahJaringan akan berbagi ulasan menarik terkait fungsi VPN server dan cara kerjanya lebih detailnya simak dibawah ini.

Fungsi Utama VPN Server


Virtual private Network atau biasa dikenal dengan sebutan VPN merupakan jens layanan koneksi jaringan yang memberikan akses khusus ke suatu website atau jaringan dengan keamanan yang bersifat pribadi dengan cara mengubah jalur koneksi user ke server. Kemudian dari pertukaran informasi data yang telah terjadi dirahasiakan. 

Pengertian sederhananya dari jaringan VPN server ini, mengkoneksikan komputer, smartphone, table ke komputer server yang telah terhubung dengan jaringan internet untuk serta memberikan izin akses menjelajah internet dengan jaringan internet pada komputer server tersebut. 

Jika komputer server atau VPN berada di negara berbeda pada saat user mengaksesnya, maka negara tersebut yang ditampilkan sebagai data koneksi, sehingga website yang sebenarnya tidak bisa diakses dinegara user dapat diakses melalui VPN. 

Cara Kerja VPN Server


Ketika user telah meakses suatu halaman website, sebenarnya user telah berhasil terhubng dengan ISP (Internet Service Provider) di negara user. Setelah itu perangkat baru terhubung dengan halaman website atau jaringan yang dimaksud. 

Permintaan akses kehalaman website atau jaringan ini, mencakup perizinan akses secara keseluruhan melewati ISP server. 

Kemudian pada saat mengakses menggunakan VPN server, maka data koneksi user akan dienkripsi atau dirahasiakan. Dengan demikian, hanya pihak VPN server lah yang mengetahui data koneksi user serta website yang diakses. 

Bisa dikatakan bahwa data koneksi yang telah dienkripsi pada jaringan VPN, pihak ISP tidak bisa melihat pertukaran data yang telah diakses. Dalam hal ini pihak ISP hanya mengetahui ada user yang terhubung ke internet menggunakan VPN. 

Sudah banyak sekali para pengguna dan pengelola layanan VPN server diseluruh dunia. Maka dari itu pada saat user mengkases suatu halaman website, maka yang terbaca sebagai user dari negara tersebut. Bagian data yang terlihat hanya informasi IP server yang digunakan. 

Biasanya ada user yang menggunakan sebuah Wi-Fi publik dan gratis di taman, cafe, mall, restoran dan lain sebagainya. Sebenarnya IP Address perangkat kita bisa terlacak dan kemungkinan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, misalnya pencurian data perangkat. 

Namun kamu tidak perlu menghawatirkan hal tersebut pada saat mengkneksikan perangkat ke Wi-Fi publik menggunakan layanan VPN server. Karena lalu lintas data dan identitas perangkat akan dienkripsi oleh VPN. Cara ini juga terbilang aman, dari enkripsi tersebut data kita terlindungi dari hacker yang ingin mencuri data dengan membuat hotspot palsu atau tiruan. 

Pada dasarnya memang layanan ISP yang sering kita gunakan sehari-hari, tidak memiliki kepentingan apapun terhadap kerahasiaan data kita pada saat terkoneksi dengan internet. Namun layanan VPN ini memiliki komitmen dalam menjaga kerahasiaan setiap user pengguna jaringan internet secara menyeluruh. 

Terbilang cukup fleksibel, karena VPN server telah mendukung berbagai layanan jaringan dengan protokol pengaman seperti PPTP, IPSec, SOCKS, maupun L2TP. Tugas protokol pengaman tersebut  yaitu untuk mempermudah sambungan VPN dalam proses otentifikasi user. 

Sebagai klien VPN server, kamu juga dapat memberikan informasi akses bagi siapa saja yang bisa memiliki wewenang pada jaringan tersebut.

Kurang lebihnya seperti itu dasar dan fungsi VPN server. Memang jaringan VPN memiliki beragam kelebihan, salah satu fungsi utamanya yaitu memanipulasi data IP address perangkat melalui proses enkripsi. 

Meskipun begitu, kamu juga harus mengetahui mana jaringan VPN yang aman dan tidak aman. Ada baiknya menggunakan layanan VPN server yang berbayar alias premium. Memang bukan jaminan 100 persen keamanan data terjaga, layanan jaringan VPN berbayar lebih aman dibandingkan dengan menggunakan koneksi jaringan VPN yang gratis dan diragukan komitmenya dalam menjaga data pribadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar, kritik maupaun saran kamu berdasarkan pembahasan yang sesuai dengan halaman ini. Kamu juga dapat menghubungi OmahJaringan melalui halaman kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar